Corak

Dandim 0905/Balikpapan Ingatkan Budaya Indonesia Penting sebagai Identitas

Seminar dan dialog yang diadakan oleh FKPB bersama TNI, Polri, pemerintah daerah dan seluruh komponen masyarakat yang digelar di aula Makodim 0905/Balikpapan Sabtu (19/12/2020) (foto:kotaku.co.id/niken)

KOTAKU, BALIKPAPAN-Dandim 0905/Balikpapan Kolonel Arm I Gusti Agung Putu Sujarnawa Balikpapan mendukung seminar dan dialog yang diadakan oleh Forum Komunikasi Paguyuban Balikpapan (FKPB) bersama TNI, Polri, pemerintah daerah dan seluruh komponen masyarakat yang digelar di aula Makodim 0905/Balikpapan, Sabtu (19/12/2020).

“Tentu ini merupakan hal yang sangat bagus, karena budaya tentu hal yang sangat penting buat bangsa Indonesia karena merupakan identitas bangsa yang harus kami jaga,” ujarnya.

Dandim 0905/Balikpapan sekaligus Wakil Satgas Covid 19 Balikpapan menjadi salah seorang nara sumber dari seminar tersebut mengatakan diperlukan kesadaran masyarakat Indonesia bahwa bangsa Indonesia ini bangsa yang besar, sehingga masyarakat perlu peduli. Berbagai budaya, bahasa, suku termasuk sumber daya alam bangsa Indonesia cukup luas sehingga menjadi rebutan oleh negara lain.

“Nah, ini yang harus kami (warga negara Indonesia, Red) peduli, jangan sampai tidak mengerti bahwa ini bangsa yang besar, akhirnya mau diadu domba karena bangsa lain ingin menguasai,” terangnya.

Menurutnya, sejauh ini khusus di Kota Balikpapan tidak ditemukan masyarakat yang memiliki paham radikal dan intoleransi, masyarakat Balikpapan cukup baik dan mengedepankan musyawarah.

“Dengan kondisi bangsa saat ini kalau ada sedikit riak-riak (masalah, Red) itu hal yang wajar, mungkin bagian menuju bangsa Indonesia menjadi betul-betul bangsa yang hebat,” ucapnya.

Budaya bangsa Indonesia mulai terkikis oleh karenanya budaya perlu diperkenalkan sejak dini, agar generasi penerus bangsa Indonesia dapat mencintai dan menjaga budaya yang dimiliki dengan baik dan benar.

Ketua FKPB Leo Sukoco mengatakan kegiatan yang mengambil tema peran budaya ini untuk mengingatkan kepada masyarakat Balikpapan, menjadikan Kota Balikpapan tetap kondusif, aman dan nyaman. Walaupun, saat ini kondisi keamanan secara nasional sedang tidak kondusif dengan adanya pandemi Covid 19.

Leo mengutarakan 31 Desember 2020, akan membagikan setangkai bunga plastik yang merupakan hasil partisipasi dari group paguyuban.

“Ini kami lakukan untuk antara kami, sesama kami walaupun kami ada perbedaan suku, agama dan kepercayaan tetapi tetap membangun kebersamaan tanpa adanya perbedaan,” serunya.(*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top