Ekbis

Jelang Natal 2020, 33 ribu Penumpang Berangkat melalui Bandara SAMS Balikpapan

Aktivitas penumpang di Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan (foto:kotaku.co.id/ist)

KOTAKU, BALIKPAPAN-Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan mencatat, jelang Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 sebanyak 33.132 penumpang yang berangkat dengan rata-rata 11.044 per hari periode 18-20 Desember 2020.

“Puncak arus mudik Nataru 23 dan 30 Desember 2020 sedangkan puncak arus balik 28 Desember 2020 dan 3 Januari 2021,” kata Stakeholder Relation Manager Retnowati melalui siaran pers, Selasa (22/12/2020).

Mendukung kelancaran, pengelola Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan menyiapkan lokasi validasi dokumen kesehatan dan melakukan pemeriksaan suhu tubuh baik secara manual maupun menggunakan thermal scanner kepada pengguna jasa saat akan masuk ke bandara.

“Kami juga telah memasang tanda untuk menjaga jarak di area yang rawan terjadi kerumunan. Petugas kami senantiasa memonitoring agar protokol kesehatan sesuai dengan aturan,” imbuhnya.

Sementara untuk memudahkan pengguna jasa melengkapi dokumen kesehatan sebelum berangkat, telah disiapkan fasilitas layanan Rapid Test Antibodi maupun Antigen, letaknya berada di mezzanine atau lantai dua Bandara SAMS Sepinggan. Masing-masing secara berurutan dipatok Rp150 ribu dan Rp250 ribu. “Hasilnya dapat diketahui saat itu juga,” jelasnya kemudian.

Retnowati juga mengimbau, bagi penumpang yang akan melakukan penerbangan agar mematuhi protokol kesehatan dan memenuhi persyaratan rute tujuan. “Jangan takut untuk terbang lagi karena bandara memiliki protokol kesehatan yang baik ditambah dengan persyaratan dokumen kesehatan untuk memastikan seluruh penumpang bebas dari Covid-19,” tuturnya menenangkan.

Untuk memastikan keamanan, kenyamanan dan keselamatan para pengguna jasa saat adaptasi kebiasaan baru, terdapat Posko Pengendalian Transportasi Angkutan Udara selama Nataru. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top