Metro

Akhir Tahun, Aktivitas di Luar Rumah Maksimal Pukul 22.00 Wita

Tim Satgas Covid 19 Balikpapan saat menyampaikan perkembangan kasus Covid 19 Kota Balikpapan di Balai Kota, Rabu (30/12/2020) (foto:kotaku.co.id/niken)

KOTAKU, BALIKPAPAN-Menjelang Tahun Baru 2021, Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan mengingatkan kepada masyarakat, agar tetap di rumah mengingat, kasus terkonfirmasi positif Covid 19 semakin meningkat. Tak lupa selalu menjalankan protokol kesehatan dengan baik.

“Terima kasih kepada asosiasi mall karena mereka sepakat malam besok hanya sampai pukul 20.00 Wita. Saya kira ini sesuatu yang sangat baik,” jelas Wali Kota Balikpapan HM Rizal Effendi di Balai Kota, Rabu (30/12/2020).

Kembali Rizal mengatakan jika menghormati keputusan tersebut dan masyarakat pun juga tidak boleh melakukan aktivitas di luar rumah lebih dari pukul 22.00 Wita. “Kami mohon betul masyarakat mematuhinya demi menekan angka yang terkonfirmasi positif,” ucapnya.

Oleh karenanya, Kamis (31/12/2020) besok mulai pukul 21.30 Wita akan menggelar patroli untuk mengingatkan masyarakat supaya tidak menggelar kegiatan di luar rumah. “Saya kira menjadi perhatian kepada masyarakat supaya bisa mencegah penularan Covid 19 lebih efektif lagi,” ungkapnya.

Tim Satgas kecamatan dan kelurahan juga akan membantu untuk mengingatkan kepada masyarakat di wilayah masing-masing. Selain itu juga, Pemkot akan dibantu oleh TNI-Polri untuk mengamankan tempat-tempat yang menjadi kerumunan masyarakat seperti halnya Lapangan Merdeka, Taman Tiga Generasi termasuk Pasar Segar.

Bagi masyarakat yang merayakan Tahun Baru di rumah diperbolehkan jika hanya untuk anggota keluarga. Tidak diperkenankan ada anggota keluarga lain. “Kalau di rumah kami tidak bisa membatasi yang penting jangan rumah dijadikan tempat kumpul dari orang lainnya bisa dibubarkan petugas. Intinya jangan berkumpul, berkerumun karena itu sangat efektif untuk menularkan Covid 19,” tegasnya.

Dalam kesempatan yang sama Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan dr Andi Sri Juliarty mengatakan kecepatan penularan lebih tinggi yang sekarang dibanding gelombang yang lalu. “Karena itu saya mohon sekali dan ini terjadi secara nasional, kami saling mengantisipasi,” serunya.

Juru Bicara Satgas Kota Balikpapan ini menyebutkan sudah tidak bisa lagi mengelompokkan berdasarkan kluster karena sudah bercampur baur. Ya, awal minggu lalu kluster migas yang menonjol tetapi sekarang sudah meluas ke keluarga termasuk perkantoran lainnya. Apalagi saat ini pemeriksaan Rapid Test Antigen yang merupakan salah satu penyebab kenaikan angka terkonfirmasi positif Covid-19, karena saat ini bagi yang melakukan perjalanan termasuk pekerja yang akan masuk ke daerah lain diwajibkan untuk melakukan pemeriksaan Rapid Test Antigen.

Hingga saat ini, kasus terkonfirmasi positif di Kota Balikpapan mencapai 5.805 dengan adanya penambahan kasus hari ini sebanyak 85 orang.(*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top