Metro

Malam Tahun Baru, Ruas Jalan dari Plaza Balikpapan-Lapangan Merdeka Ditutup

Kasatlantas Polresta Balikpapan Kompol Irawan Setyono dijumpai simpang empat Plaza Balikpapan, Rabu (30/12/2020) (foto:kotaku.co.id/niken)

KOTAKU, BALIKPAPAN-Berdasarkan Surat Edaran Wali Kota Balikpapan No 300.2/1127/pem terkait pembatasan dan pengaturan kegiatan masyarakat pada perayaan Natal dan Tahun Baru 2021, Polantas Balikpapan mempersiapkan pengalihan arus lalu lintas periode malam pergantian tahun.

“Keramaian masyarakat terjadi banyak di Lapangan Merdeka termasuk salah satu item yang dilakukan penutupan dari Pemerintah Kota Balikpapan sendiri,” jelas Kasatlantas Polresta Balikpapan Kompol Irawan Setyono, SH S.I.K, M.H di simpang Plaza Balikpapan, Rabu (30/12/2020).

Lanjut Kompol Irawan menyampaikan akan melakukan sistem penyekatan mulai dari simpang Plaza Balikpapan sampai Lapangan Merdeka mulai pukul 20.00 Wita akan dilakukan pengalihan arus. “Sebelumnya kami sudah memberikan sosialisasi melalui media sosial, cetak maupun elektronik,” urainya.

Untuk masyarakat yang ingin mengakses jalan ke arah Lapangan Merdeka akan dialihkan, kecuali masyarakat yang bertempat tinggal di seputaran wilayah Klandasan atau wilayah yang dilakukan penyekatan dengan menunjukkan kartu tanda pengenal (KTP).

Sebanyak 120 personel gabungan dari Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Balikpapan, Kepolisian Polresta Balikpapan serta dibantu Polda Kaltim untuk mengamankan di beberapa titik keramaian yang perlu diantisipasi untuk memecah arus serta mengimbau masyarakat yang masih ada di tempat umum untuk membubarkan diri ke rumah masing-masing.

“Pengalihan arus pasti akan terjadi kepadatan di Rapak, Gunung Pasir nanti diantisipasi dengan jajaran Dinas Perhubungan. Sudah kami koordinasikan dengan Kepala Dishub Kota Balikpapan untuk membantu di beberapa titik. Beberapa pengalihannya sudah kami persiapkan sarana dan prasarananya,” tegasnya.

Selain mamantau penyekatan yang dilakukan dari simpang Plaza Balikpapan ke arah Lapangan Merdeka, Polantas Balikpapan juga menempatkan personel untuk memantau titik di Balikpapan Superblock (BSB). “Kami akan melakukan pengalihan arus lalu lintas di seputaran Stalkuda, seputaran Trakindo jika menjadi kepadatan kami lakukan pengalihan ke arah bandara,” terangnya.

Kompol Irawan mengimbau kepada masyarakat yang tidak perlu melakukan aktivitas di luar rumah pada malam Tahun Baru, untuk mengikuti anjuran pemerintah.

“Pengalihan arus situasional sampai lepas pergantian tahun. Kami lihat perkembangan apabila masih ada aktivitas masyarakat di jalan, kami masih lakukan penutupan. Tapi apabila sudah dikatakan normal dan situasi kondusif kami akan lakukan pembukaan kembali,” pungkasnya.(*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top