Metro

Lima Pelaku Usaha Berjualan saat Pembatasan Aktivitas Malam Tahun Baru, Terjaring

Penertiban yang dilakukan di wilayah Kecamatan Balikpapan Kota saat malam pergantian tahun 2021 (foto:kotaku.co.id/soleh)

KOTAKU, BALIKPAPAN-Kebijakan pembatasan aktivitas saat libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021, mendorong Kecamatan Balikpapan Kota kembali melakukan pengawasan dan ketertiban. Kegiatan ini dipimpin langsung Camat Balikpapan Kota Herru Ressandy Kusuma serta instansi terkait lainya.

Khusus saat malam pergantian tahun atau hari kelima sejak kebijakan berlaku, target penegakan dan pengawasan terhadap tempat wisata dan fasilitas publik yang wajib tutup sementara, tempat hiburan, pelaku usaha, pemukiman masyarakat serta hotel di wilayah Klandasan Ilir.

“Kegiatan pembatasan aktivitas masyarakat ini tujuannya untuk mencegah penyebaran penularan Covid-19 di beberapa kawasan publik yang rata-rata peminatnya adalah keluarga dan anak muda,” ucap Camat Balikpapan Kota Heru Ressandy Kusuma saat ditemui Kotaku.co.id, Jumat (1/1/2021) dini hari di kantor kecamatan Balikpapan Kota.

Heru memaparkan, dari hasil kegiatan tersebut, kecamatan Balikpapan Kota membubarkan aktivitas masyarakat yang berada di kawasan tempat wisata dan fasilitas publik yang ditutup serta menjaring lima pelaku usaha yang tetap beraktivitas di atas pukul 22.00 Wita. Sanksi untuk kelima pelaku usaha teesebut saat ini masih belum ditentukan. Sedangkan di kawasan pemukiman dan hotel tidak ditemukan kerumunan massa maupun even untuk menyambut Tahun Baru.

Sebelumnya sesuai Surat Edaran Wali Kota, tempat wisata, tempat hiburan dan fasilitas umum yang berpotensi menimbulkan kerumunan masyarakat ditutup sementara mulai 24 Desember 2020 hingga 3 Januari 2021. Sedangkan usaha kuliner beroperasi terbatas. Adapun pelanggar akan dikenakan sanksi denda atau mengganti dengan masker, namun jika pelanggaran dilakukan berulang kali akan dilakukan penutupan sementara tempat usaha selama 14 hari sesuai penetapan satgas Covid-19.

“Ya diharapkan seluruh pelaku usaha termasuk kuliner untuk tetap mengikuti imbauan operasional pemberlakuan jam malam dan untuk masyarakat mohon agar tidak keluar rumah bila tidak ada keperluan karena beberapa kawasan wisata dan tempat hiburan dan fasilitas publik masih dilakukan penutupan sampai Minggu 3 Januari 2021,” tutup Heru. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top