Metro

Masuk Balikpapan via Bandara SAMS Wajib Rapid Test Antigen

HM Rizal Effendi

KOTAKU, BALIKPAPAN-Untuk menekan kasus Covid-19, mulai Senin (4/1/2021) Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan memberlakukan pemeriksaan rapid test antigen bagi yang masuk ke Balikpapan melalui Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan.

“Surat edaran akan kami sampaikan titik-titik keberangkatan melalui Angkasa Pura,” ujar Wali Kota Balikpapan HM Rizal Effendi usai rapat koordinasi dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kota Balikpapan beserta OPD dan unsur terkait di aula Rumah Jabatan Wali Kota Balikpapan, Sabtu (2/1/2021).

Rizal menjelaskan bahwa sementara masih jalur udara yang menggunakan rapid antigen, sedangkan untuk jalur laut masih akan dikoordinasikan kembali. “Jalur laut belum kami putuskan masih akan dibahas lagi, jalur udara dulu yang kami pakai mulai Senin (4/1/2021),” terangnya.

Lanjutnya Rizal mengatakan keberangkatan ke Jakarta, Surabaya, Palu, Yogyakarta, Berau dan beberapa daerah yang masuk Balikpapan melalui jalur udara juga menggunakan rapid antigen. “Semua jalur udara yang masuk bandara Balikpapan harus menggunakan rapid antigen,” ucapnya.

Senada dengannya, Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan dr Andi Sri Juliarty menyampaikan kenaikan angka terkonfirmasi positif periode Desember 2020 lebih tinggi dari Agustus 2020. “Karena itu tantangan ke depan kami harus menyusun strategi, jangan sampai prediksi dari beberapa pakar bahwa puncak itu pada 14 Januari 2021 harus ditekan,” urainya.

Pages: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top