Metro

Tiba di Balikpapan, Mayoritas Penumpang Gunakan Rapid Antigen

Barata Singgih Riwahono

KOTAKU, BALIKPAPAN-Puncak arus balik libur akhir tahun, total ada 10.445 penumpang yang berangkat dan datang di Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS,) Sepinggan Balikpapan. “Hari ini terakhir sebagai Posko Nataru (Natal dan Tahun Baru, Red), penumpang masih dimungkinkan adanya peningkatan dari hari-hari biasa. Diprediksi pada hari ini penumpang berkisar 9-10 ribu dan terbanyak dari Jawa,” kata General Manager (GM) Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan Barata Singgih Riwahono saat memberikan sambutan di terminal kedatangan, Senin (4/1/2021).

Lanjut, Barata menyampaikan mulai 18 Desember 2020, Bandara SAMS Sepinggan bekerja sama dengan Pertamedika dari Rumah Sakit Pertamina Balikpapan (RSPB) menyediakan fasilitas pemeriksaan rapid test antibody juga tersedia rapid test antigen.

“Penumpang yang menggunakan rapid test antigen mulai 18 Desember 2020 hingga kemarin sebanyak 2.879, kemudian rapid test antibody 372. Artinya persentase yang menggunakan rapid test antigen fasilitas klinik di bandara sebanyak 89 persen,” tuturnya.

Adapun dari data yang menggunakan fasilitas klinik di bandara ditemukan 46 orang yang berhasil diindentifikasi positif yakni sekitar 1,06 persen dari rapid test antigen. Sedangkan, reaktif dari rapid test antibody sebanyak 74 orang atau 19 persen.

“Tidak boleh berangkat, dia harus melakukan langkah-langkah sesuai prosedur protokol kesehatan,” ujarnya.

Sementara itu, Pemerintah Kota Balikpapan mengeluarkan surat edaran terkait yang masuk Balikpapan melalui Bandara SAMS Sepinggan mulai 4 Januari 2021 wajib menggunakan rapid antigen dan telah ditemukan dua orang dari kedatangan yang belum menggunakan rapid antigen. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top