Metro

TNI-Polri Kawal 25.520 Vaksin Setibanya di Bandara SAMS Sepinggan

TNI-Polri melakukan pengamanan terhadap vaksin yang tiba di Bandara SAMS Sepinggan (kotaku.co.id/ist)

KOTAKU, BALIKPAPAN-Sebanyak 25.520 vaksin jenis Sinovac yang didistribusikan PT Bio Farma akhirnya tiba di Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Balikpapan, Selasa (5/1/2021) pagi. Vaksin tersebut diketahui akan dibagikan kepada tenaga medis yang ada di Kaltim.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kaltim Setyo Budi Basuki mengatakan, vaksin akan langsung dibawa ke Dinkes Kaltim dan akan disimpan di sana.

“Kami sudah menyiapkan ruangan yang sudah ada pendinginnya sesuai standar penyimpanan vaksin,” ujarnya.

Ditambahkannya, vaksin tersebut belum bisa didistribusikan karena masih menunggu izin dari BPOM secara nasional. “Karena sektornya tidak di kesehatan, jadi kami belum tahu dan masih menunggu,” ungkapnya.

Sementara itu, dari sisi pengamanan, TNI dan Polri melakukan pengawalan dan bersenjata lengkap sejak vaksin tiba di bandara. Kabag Bin Ops Roops Polda Kaltim, AKBP Wiwin Firta mengaku melakukan pengamanan di bandara sampai vaksin tiba di Dinkes Provinsi Kaltim.

“Kami dari pihak kepolisian dan TNI serta instansi lain melakukan pengamanan di bandara dan pengawalan sampai vaksin tiba di kantor Dinkes Kaltim di Samarinda,” terangnya.

Ditambahkannya, pengawalan yang dilakukan, satu regu dari Brimob berkendaraan dan senjata lengkap. Kemudian satu regu dari Satuan Lalulintas. Tak hanya sampai ke tujuan, nantinya juga akan melakukan pengawalan sampai pendistribusian vaksin ke kabupaten dan kota.

“Sampai penggunaan vaksin juga nanti akan kami lakukan pengamanan,” pungkasnya. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top