Metro

Rekor Lagi, Kasus Covid 19 Balikpapan Bertambah 106

dr Andi Sri Juliarty

KOTAKU, BALIKPAPAN-Di Indonesia kasus positif Covid 19 kembali meningkat, Satuan Tugas Penanganan Covid 19 menyatakan pandemi Covid 19 di Indonesian dalam kondisi darurat. Seperti halnya kasus Covid-19 Kota Balikpapan yang terus meningkat hampir satu bulan terakhir ini.

“Terdapat penambahan kasus terkonfirmasi positif sebanyak 106, mayoritas berasal dari riwayat suspek sebanyak 63 kasus,” jelas Juru Bicara Satgas Covid 19 Balikpapan dr Andi Sri Juliarty melalui pesan group, Rabu (6/1/2021).

Sebenarnya lanjut dia, penambahan kasus terkonfirmasi positif lebih dari itu karena belum semua terekam dalam aplikasi akibat tim survei kuwalahan. “Tim kami tidak sanggup memverifikasi satu-satu, sudah kelelahan diangka 106,” ungkapnya.

Menurutnya, penambahan 106 kasus sekaligus dalam satu hari merupakan kali pertama di Balikpapan alias rekor baru. “Kluster keluarga, perkantoran tetap didominasi tambang dan migas tapi ada muncul ini dari yayasan pendidikan dan yang menyedihkan tenaga kesehatan mulai berguguran,” lirihnya.

Libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) dinilai sebagai salah satu momentum yang mengakibatkan tingginya kasus Covid 19 di Balikpapan seperti halnya dari kluster keluarga. “Kluster keluarga dampak kumpul-kumpul saat libur Natal dan Tahun Baru mulai kelihatan sekarang,” urainya.

Faktor lain, dengan mulai banyak laboratorium pemeriksaan test antigen maupun antibody membuat masyarakat Balikpapan dengan mudah melakukan pemeriksaan mandiri. Apala5 biaya pemeriksaan kini semakin terjangkau. “Jumlah laboratorium banyak, harga standar, masyarakat Balikpapan mampu mandiri ke laboratorium yang banyak makin mudah diakses, sehingga kasus terkonfirmasi positif mudah terdeteksi cepat. Tren kenaikan kasus di Balikpapan selaras dengan kenaikan kasus nasional dan dunia,” terangnya.

Di sisi lain yakni sisi epidemeologi dengan adanya kenaikan kasus terkonfirmasi positif Covid 19 di Balikpapan menunjukkan upaya testing mengalami kenaikan. Dengan terdeteksinya Covid-19, pasien pun melakukan isolasi sehingga rantai penularan terputus. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top