Parlementaria

Bapemperda DPRD Balikpapan Bahas Tata Ruang dengan DPPR

Bapemperda DPRD Balikpapan bahas tata ruang dengan DPPR, Kamis (7/1/2021) (kotaku.co.id/niken)

KOTAKU, BALIKPAPAN-Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Balikpapan bahas Rencana Detail Tata Ruang Kota (RDTRK) dengan Dinas Pertanahan dan Penataan Ruang (DPPR) Balikpapan.

“Sedang disiapkan nota penjelasan draf Rancangan Perda (Raperda) RDTRK, sebagaimana surat Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi yang meminta agar perda RDTRK segera dibahas,” jelas Ketua Bapemperda DPRD Balikpapan Andi Arief Agung usai rapat, Kamis (7/1/2021).

Lanjut Andi mengatakan bahwa peraturan daerah (Perda) RDTRK terjemahan dari Perda Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) yang selama ini menjadi acuan urusan pertanahan di Balikpapan. “Kemudian didetailkan lagi, nanti di situ kami akan masuk ke dalam zonasi-zonasi per kecamatan,” ucapnya.

Draf Raperda RDTRK yang akan diserahkan DPPR berbentuk salinan mendetail rencana arah pembangunan Kota Balikpapan. “Di situ nanti ada istilah wilayah perencanaan per kecamatan dan nanti dari situ ada lagi yang namanya sub-sub wilayah perencanaan di tingkat kelurahan,” urainya.

Bapemperda pun menginginkan agar DPPR bisa menjelaskan pembagian zonasi per kecamatan. Andi menyampaikan akan menargetkan Perda RDTRK selesai tahun ini dan tentunya kepastian hukum atas masalah pertanahan di Kota Balikpapan akan lebih jelas dengan adanya RDTRK.

“Aturan turunannya juga akan memudahkan DPPR untuk membuat izin pengolahan tanah negara yang belum bersertifikat atau IMTN,” serunya.

Pages: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top