Ekbis

Simak Tips Aman Bermotor saat Musim Hujan ala Yamaha Kaltim

hamas Ramadhan

KOTAKU, BALIKPAPAN-Musim hujan seperti saat ini, tentu menjadi kendala serius bagi banyak pengendara khususnya pengendara sepeda motor.

Bagi para pengguna sepeda motor diharapkan selalu berkendara dengan menjalankan teknik keselamatan berkendara (safety riding) yang tepat serta tetap mematuhi protokol kesehatan.

Agar pengendara sepeda motor selamat sampai ke tujuan saat musim hujan, Yamaha Kaltim berbagi tips berkendara sepeda motor saat hujan yang menyangkut pengendara, kendaraan, dan lingkungan atau cuaca. Poin-poin yang diberikan ini dapat menjadi panduan agar tetap berkendara dengan safety meski menghadapi hujan.

”Saat musim hujan pengendara sepeda motor wajib tetap menjaga keselamatan berkendara. Terkait dengan hal itu, Yamaha mempunyai tips yang dapat digunakan oleh biker kala memacu sepeda motor di tengah kondisi hujan. Dalam keadaan seperti itu, safety riding sangat penting dijalankan,” ungkap Asisten Manager PT Surya Timur Sakti Jatim (STSJ) Efendi Ariadi, Minggu (10/1/2021).

Pertama, persiapkan jas hujan yang sesuai dengan ukuran badan, model setelan atasan dan bawahan disarankan untuk menggunakannya saat hujan karena dengan jenis ini tidak ada bagian yang berkibar sehingga lebih aman untuk diri sendiri dan pengendara lain.

Disarankan menggunakan helm dengan visor bening karena saat hujan memungkinkan visor helm berkabut sehingga mengganggu fokus saat berkendara. Gunakan sepatu anti air atau karet dan tidak disarankan menggunakan sandal agar perlindungan kaki lebih maksimal.

Hindari melakukan pengereman secara mendadak dan keras karena saat kondisi hujan cengkeraman ban ke jalan berkurang. Jaga jarak aman dengan kendaraan di sekitar karena saat hujan membutuhkan jarak pengereman yang lebih panjang.

Pages: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top