Ekbis

Ini Dia Tips Rawat Sepeda Motor saat Musim Hujan

KOTAKU, BALIKPAPAN-Musim penghujan tengah memasuki fase puncak. Jika hujan turun, biasanya ada beberapa kendala yang dilalui pengendara sepeda motor seperti genangan air, sehingga motor memerlukan perawatan ekstra.

Karena guyuran air hujan dapat mengakibatkan sejumlah kerusakan pada beberapa bagian sepeda motor, untuk itu perawatan sepeda motor perlu dilakukan agar motor tetap aman dan nyaman ketika digunakan.

“Untuk mencegah hal-hal yang tak diinginkan, ada beberapa tips mudah merawat sepeda motor kesayangan saat musim hujan,” kata Manager Service PT Surya Timur Sakti Jatim (STSJ) Area Kaltimtara, Alian Noor melalui siaran pers yang disampaikan, Selasa (12/1/2021). (*)

Nah, hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan?
 
1.   Perhatikan Kondisi dan Tekanan Ban
Kembang ban motor dalam keadaan tidak habis atau aus. Ban yang sudah aus mengakibatkan daya cengkraman terhadap jalan berkurang, apalagi kondisi hujan. Dan juga pastikan ukuran dan tekanan ban selalu dalam kondisi standar untuk memaksimalkan daya cengkram ban di jalan dengan tetap mengikuti standar tekanan ban yang direkomendasikan oleh pabrikan.
 

  1. Cek Kondisi Busi dan Cangklong Busi
    Busi merupakan jantung dari sepeda motor. Usai mencuci motor, buka karet penutup busi untuk melihat apakah kemasukan air atau tidak. Jika basah, keringkan busi dengan kain. Agar proses pengapian kembali lancar, ada baiknya busi dibersihkan juga.
    Pastikan juga cub supressor dalam kondisi prima, terutama karet seal-nya, karena jika karet atau seal cup supressor dalam kondisi kurang baik, busi akan korsleting jika motor dipakai dalam kondisi hujan, terlebih jika cub supressor terkena air hujan.

3.   Perhatikan Rantai
Usai menerabas genangan air saat hujan, ada baiknya untuk mengecek kembali rantai, karena sifat air hujan yang asam, bisa menimbulkan karat pada rantai motor. Cek dan pastikan kondisi rantai sepeda motor, bersihkan dan berikan pelumas rantai pakai oli SAE 80-90 karena air hujan mengandung zat asam tinggi.
Terlebih jika tak ada penutup rantai. Segera bersihkan dengan air, dan jika kendor bisa dikencangkan kembali.

Pages: 1 2 3

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top