Parlementaria

Kinerja Disorot, Kepala DLH Balikpapan Absen RDP

Komisi III DPRD Kota Balikpapan menggelar RDP dengan DLH, Selasa (12/1/2021) (foto:kotaku.co.id/niken)

KOTAKU, BALIKPAPAN-Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Balikpapan soroti kinerja Dinas Lingkungan Hidup (DLH).

“Sebenarnya yang ingin kami dengar pencapaian tahun 2020,” ujar Ketua Komisi III DPRD Kota Balikpapan Alwi Al Qadri ditemui usai Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan DLH di ruang Komisi III DPRD Balikpapan, Selasa (12/1/2021).

Dalam RDP tersebut, Komisi III DPRD Balikpapan juga membahas pengelolaan sampah yang belum terselesaikan di beberapa titik yang menjadi jalan poros Kota Balikpapan. Seperti yang disampaikan anggota Komisi III DPRD Balikpapan Nelly Turuallo.

“Balikpapan menerima penghargaan Adipura tetapi pada kenyataan tidak berbanding lurus, sampah masih ada terutama di jalan protokol. Katanya Balikpapan bersih indah tapi tidak mencerminkan yang sebenarnya,” lugasnya.

Selain itu juga, realisasi atas realokasi tempat sampah yang sebelumnya pernah disepakati. Seperti halnya realokasi tempat sampah yang ada di lokasi Kampung Timur.

Alwi kembali menambahkan menumpuknya sampah di atas air maupun di darat yang ada di wilayah Balikpapan Barat di antaranya di Kelurahan Margasari yang tidak diangkut oleh petugas DLH sehingga masyarakat kembali membuang sampah di laut. “Kalau memang disediakan tempatnya harus ada petugasnya, kalau disediakan tempat nggak ada petugas percuma,” tukasnya.

Lain dari itu, pembahasan hutan kota, hutan mangrove dan ruang terbuka hijau (RTH) salah satunya lahan kepemilikan dari tempat tersebut.

Sayangnya, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Balikpapan tidak hadir dalam RDP tersebut melainkan diwakili sehingga DPRD Balikpapan tidak memperoleh jawaban memuaskan.(*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top