Parlementaria

Dishub Balikpapan Siapkan Rp4 Miliar untuk PJU Baru, Kelurahan Diminta Agresif

Komisi III DPRD Kota Balikpapan gelar RDP dengan Dinas Perhubungan, Rabu (13/1/2021) (foto:kotaku.co.id/niken)

KOTAKU, BALIKPAPAN-Agenda kerja Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Balikpapan yakni Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Dinas Perhubungan Kota Balikpapan, Rabu (13/01/2021) di antaranya membahas penerangan jalan umum (PJU). “Semula PJU ditangani Dishub, dengan adanya Peraturan Menteri Dalam Negeri No 130 tahun 2018 yakni PJU di bawah 4 meter dilaksanakan kelurahan.

Namun saat pelaksanaan tahun 2018-2019, banyak kelurahan tidak mengerti, sehingga PJU di masing-masing lingkungan banyak masalah,” tutur Wakil Ketua Komisi III DPRD Balikpapan Wiranata Oey ditemui usai RDP. Dari RDP diketahui, baru 11 dari 34 kelurahan di Kota Balikpapan yang mengajukan anggaran PJU mulai Rp10 juta hingga Rp35 juta.

Ia pun mengingatkan seluruh kelurahan segera melaksanakan amanat pemerintah pusat. “Memang kemarin (tahun 2020, Red) banyak anggaran yang terpotong dan dialihkan untuk penanganan Covid 19. Untuk tahun 2021 karena Covid ini meningkat bisa saja pengalihan anggaran lagi,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Perhubungan Kota Balikpapan Sudirman Djayaleksana mengatakan, tahun 2021 anggaran sebesar Rp4 miliar disiapkan untuk pemasangan baru PJU dengan target kurang lebih 1.300 titik dan Rp2 miliar dianggarkan untuk pemeliharaan 14 ribu titik PJU.

Adapun tahun 2020, pemasangan baru PJU ditarget 1.900 namun hanya 600 titik yang terpasang dampak pengalihan anggaran.

“Selain itu ada beberapa persoalan yang memerlukan solusi cepat. Salah satunya pembagian kewenangan penanganan PJU, kami akan melakukan rapat internal dengan Bappeda, camat dan lurah untuk mencari jalan keluar,” tutupnya. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top