Metro

Pecah Rekor, Kasus Covid 19 Balikpapan Hari Ini Capai 167

Tim Satgas Covid 19 Kota Balikpapan menyampaikan perkembangan kasus di Balai Kota, Jumat (15/1/2021) (foto:kotaku.co.id/niken)

KOTAKU, BALIKPAPAN-Penyebaran Covid 19 di Kota Balikpapan pada hari ini, Jumat (15/1/2021) pecah rekor yakni terdapat penambahan kasus terkonfirmasi positif sebanyak 167 orang.

“Dari angka167 orang selain banyak dari anak muda juga masih banyak dari kasus sebelumnya, (pekerja) Pertamina, guru, tenaga kesehatan, aparat pemerintah, perbankan,” ucap Ketua Satgas Covid 19 Kota Balikpapan H M Rizal Effendi di Balai Kota.

Selain itu Rizal menuturkan, kepada masyarakat kondisi rumah sakit juga penuh. Kalau pun ada, hanya mampu menampung beberapa pasien saja. “Kami mohon masyarakat melaksanakan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat, Red) yang dilaksanakan (mulai) hari ini benar-benar tertib, ini demi kebaikan semua,” ucapnya.

Disinggung antisipasi jika rumah sakit penuh, maka akan ada perluasan tempat tidur atau menyulap asrama haji Batakan menjadi rumah sakit darurat?. “Sedang kami bahas,” terangnya.

Lanjut Rizal menyampaikan, Tim Satgas, Satpol PP, Polri, TNI akan mulai bergerak untuk melakukan patroli terkait PPKM. “Saya mohon kepada masyarakat, pedagang kalau tidak sesuai dengan ketentuan waktu beroperasinya, maka akan dilakukan penertiban sampai dengan penutupan. Kami mohon masyarakat mematuhi dan juga berbagai kegiatan masyarakat yang sudah kami izinkan sementara mohon dipatuhi karena ini demi kebaikan bersama,” serunya.

Selaras dengan itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan sekaligus menjabat sebagai Juru Bicara Satgas Covid 19 dr Andi Sri Juliarty mengatakan, dari 167 kasus, 42 orang di antaranya berasal dari riwayat suspek dan ini yang menjadi perhatian karena 69 persen dari jumlah itu berusia 30 tahun ke bawah. Padahal pada umumnya bergejala suspek yang masuk ke rumah sakit mayoritas lanjut usia (Lansia).

Lanjutnya, riwayat orang tanpa gejala (OTG) sebanyak 60 orang yang didominasi oleh usia muda sekitar 39 orang dan 14 berasal dari luar daerah. Kemudian, riwayat tracing kasus sebanyak 58 orang yang biasa dilakukan oleh keluarga pada umumnya dan ditemukan 14 orang usia anak.

Sementara kondisi sembilan rumah sakit rujukan di Kota Balikpapan hingga kamis (14/01/2021) yakni jumlah tempat tidur 447 buah dan terisi 405 buah sehingga masih tersisa 42 buah. Kemudian, di ruang ICU tempat tidur yang tersedia 37 dan yang sudah terisi 33 maka masih terdapat empat tempat tidur. Di ruang ICU di antarnya satu tempat tidur dewasa dan tiga tempat tidur untuk anak-anak. Itu terdapat di Rumah Sakit Hermina.

“Kalau antisipasinya nanti, apakah perluasan tempat tidur atau apakah mulai memikirkan asrama haji bisa ditingkatkan menjadi rumah sakit darurat,” ungkapnya.

Dengan begitu, total kasus terkonfirmasi positif di Kota Balikpapan mencapai 7.542. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top