Metro

Balikpapan Siapkan Aksi Peduli Korban Gempa Sulbar dan Banjir di Banjarmasin

Wali Kota Balikpapan terpilih H Rahmad Mas’ud (tiga, kanan) saat mengirim bantuan bagi korban gempa, Mamuju dan Majene, Sulbar (foto:kotaku.co.id/chandra)

KOTAKU, BALIKPAPAN-Selain menyiapkan bantuan dan mengirimkan secara langsung, Wali Kota Balikpapan terpilih H Rahmad Mas’ud juga memastikan Pemerintah Kota Balikpapan juga akan memberikan bantuan kepada korban gempa di bumi Majene, Sulawesi Barat (Sulbar) dan korban banjir di Banjarmasin, Kalsel.

“Mungkin Senin (18/1/2021) sudah ada persetujuan untuk melakukan penggalangan dana, membuka posko, baik untuk korban gempa di Sulbar maupun korban banjir di Banjarmasin,” ucapnya ditemui di sela pengiriman bantuan dan relawan di Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan, Sabtu (16/1/2021).

Saat ini sebut dia, Kerukunan Keluarga Sulawesi Barat (KKSB) Kota Balikpapan tengah mempersiapkan untuk pembukaan posko bantuan. Untuk memudahkan masyarakat yang ingin memberikan bantuan, termasuk memudahkan penyaluran, bantuan akan dihimpun satu pintu. “Kalau volume bantuan yang dihimpun nanti skalanya besar, seperti bantuan untuk korban gempa Palu, akan dikirim menggunakan kapal laut. Armadanya akan kami siapkan,” serunya.

Lanjut dia menerangkan, khusus untuk bantuan yang berasal dari Pemerintah Kota Balikpapan yang secara otomatis menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), ia mengaku tengah diusulkan. “Tentunya berkoordinasi terlebih dahulu dengan DPRD Kota Balikpapan,” imbuhnya.

Seperti diwartakan sebelumnya, Rahmad Mas’ud menggelontorkan bantuan bagi korban gempa di Sulbar. Bantuan seberat 400 kilo gram (Kg) dikirim menggunakan helikopter S76C++ milik Pelita Air berangkat pukul 12.30 Wita, Sabtu siang tadi. Sejumlah relawan mengawal pengiriman bantuan yang nantinya juga bertugas membantu korban gempa. Rombongan dipimpin Bupati Penajam Paser (Utara) H Abdul Gafur Mas’ud (AGM) yang juga akan meninjau langsung keadaan para korban. Adapun bantuan yang disalurkan merupakan wujud kepedulian kepada para korban.

“Doakan rombongan yang berangkat beserta bantuan yang dibawa selamat sampai tujuan dan kembali dalam keadaan selamat,” pungkasnya. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top