Corak

Surat Bukti Kredit Hilang hingga Keringanan Angsuran, Pegadaian Siapkan Solusi Nasabah Korban Bencana Banjir Kalsel

Eka Pebriansyah

KOTAKU, BALIKPAPAN-Musibah banjir yang menerjang Kalsel hingga kini masih berdampak bagi masyarakat setempat. Bantuan pun mengalir untuk para korban. Tidak terkecuali dari PT Pegadaian (Persero) Kantor Wilayah IV Kalimantan.

Selain memberikan donasi dalam bentuk kebutuhan barang pokok, Pegadaian juga membuka posko penyaluran bantuan. Masing-masing di Barabai, Banjarmasin dan Kota Baru.

Lebih dari itu, posko Pegadaian juga berfungsi melayani pengaduan nasabah. Apalagi tak sedikit nasabah Pegadaian yang terkena dampak musibah tersebut.

“Bisa saja ada nasabah yang kehilangan surat bukti kredit atas asetnya di Pegadaian akibat banjir, bisa disampaikan ke posko,” tutur Pemimpin Pegadaian Kanwil IV Balikpapan Eka Pebriansyah dijumpai di ruang kerjanya, Jalan Jenderal Sudirman Stalkuda Balikpapan, Selasa (19/1/2021) sore.

Tak cuma itu, nasabah yang berharap adanya keringanan atas kewajiban membayar kredit guna meringankan beban di tengah musibah banjir, dapat melayangkan aduan di posko tersebut.

“Langsung datangi posko, akan ada petugas yang membantu,” imbuhnya seraya menenangkan.

Seperti diketahui, musibah banjir yang melanda Kalsel memberi efek cukup dalam. Pun begitu dengan Pegadaian area Kalimantan. Tak main-main, ada 10 outlet Pegadaian yang berhenti beroperasi sejak bencana menerjang karena terkena dampak cukup parah. Yakni di Barabai, Kayu Tangi dan Banjar Baru masing-masing satu outlet, dua outlet di Teluk Dalam dan Lima outlet di Banjarmasin.

“Sejak Kamis 14 Januari 2021 sampai hari ini belum beroperasi, karena sampai sekarang masih terendam dan jaringan belum pulih. Mudah-mudahan besok sudah aktif kembali,” ungkapnya.

Kondisi itu tentu mempengaruhi layanan. Untuk memastikan nasabah terlayani dengan baik, ia mengoptimalkan outlet lainnya yang tetap beroperasi. Solusi lainnya, ujar pria yang sebelumnya bertugas di Palembang ini, nasabah dapat bertransaksi melalui aplikasi Pegadaian Digital Service (PDS).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top