Metro

Pemeriksaan Antigen Jalur Darat, Balikpapan Buka Dua Posko

Tim Satgas Covid 19 Balikpapan saat menyampaikan perkembangan kasus Covid 19 di Balai Kota, Kamis (21/1/2021) (foto:kotaku.co.id/niken)

KOTAKU, BALIKPAPAN-Pemerintah Kota (Pemkot) Kota Balikpapan menerima 1.000 alat uji antibodi antigen dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang disalurkan melalui provinsi. Selanjutnya, akan dipergunakan dalam operasi pemeriksaan rapid test antigen melalui jalur darat.

“Kami siapkan sebagian untuk kami operasi pemeriksaan rapid test antigen di darat. Jadi kalau nanti siap, saya berharap, Sabtu dan Minggu sudah dilaksanakan di dua posko kami yakni Kilometer 23 dan Balikpapan Timur,” jelas Wali Kota Balikpapan HM Rizal Effendi di Balai Kota, Kamis (21/1/2021).

Adapun teknisnya, lanjut dia menerangkan, pedatang melalui jalur darat yang melintas Kota Balikpapan di dua posko tersebut akan dilakukan pemeriksaan rapid test antigen. Namun, pemeriksaan ini dilakukan secara acak. Namun jauh lebih baik jika pendatang sudah memiliki surat keterangan hasil negatif uji rapid test antigen.

“Kami ingin edukasi masyarakat, kalau nanti dari luar (warga KTP luar Balikpapan, Red), dia reaktif tidak diperkenankan masuk Balikpapan, kalau KTP Balikpapan harus masuk karena harus ditangani di Balikpapan,” serunya.

Selain memanfaatkan bantuan alat uji, Pemkot Balikpapan juga tengah membahas rencana pengadaan rapid test antigen mengingat kasus Covid 19 di Kota Balikpapan belum mengalami penurunan. Sebaliknya, terdapat penambahan 124 kasus terkonfirmasi positif Covid-19 hari ini, Kamis (21/01/2021).

“Yang perlu kami cermati kasus hari ini ada karyawan perusahan swasta tujuh orang, kemudian tenaga kesehatan masih ada empat orang ada dokter, apoteker, perawat. Masih ada perbankan, mahasiswa dan pelayan toko,” urainya.

Sehingga total kasus terkonfirmasi positif di Kota Balikpapan mencapai 8.364. Pasien yang masih dirawat di rumah sakit sebanyak 510 orang dan pasien yang melakukan isolasi mandiri berjumlah 1.049 orang.

Dalam kesempatan yang berbeda Kepala Dinas Perhubungan Kota Balikpapan Sudirman Djaleksana mengatakan sesuai dengan arahan ketua gugus tugas dalam hal ini Wali Kota Balikpapan terhitung Senin 25 Januari 2021, akan membuka posko pemeriksaan jalur darat yang masuk Kota Balikpapan baik melalui angkutan umum atau perorangan. “Jadi nanti setiap kendaraan yang masuk ke Balikpapan akan kami lakukan pemeriksaan terutama penerapan protokol kesehatan,” ujarnya.

Selanjutnya, dari kendaraan yang masuk tersebut akan dilakukan tes secara acak rapid antigen yang akan dilakukan oleh tim gugus dalam hal ini Dinas Kesehatan Kota Balikpapan.

Kemudian, berdasarkan implementasi dari Surat Edaran Menteri Perhubungan No 1 tahun 2021 untuk angkutan darat melalui Pelabuhan Kariangau dan di terminal akan dilakukan hal yang sama. “Kami sudah koordinasikan, komunikasikan dengan Balai Pengelola Trasnportasi Darat Kaltim-Kaltara,” pungkasnya. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top