Metro

Balikpapan Siapkan 200 Rapid Test Antigen Jalur Darat, Ada yang Menolak dan Pilih Kembali ke Samarinda

Tim Satgas Covid 19 dan Dishub Kota Balikpapan melakukan pemeriksaan rapid test antigen bagi pendatang luar Balikpapan yang melintasi di Jalan Soekarno Hatta Km 13, Senin (25/1/2021) (foto:kotaku.co.id/niken)

KOTAKU, BALIKPAPAN-Guna memutus rantai penularan virus Corona, Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan beserta Tim Satgas Covid 19, Dinas Perhubungan (Dishub) melakukan pemeriksaan rapid test antigen bagi pendatang luar Balikpapan yang melintasi di Jalan Soekarno Hatta Km 13. Tepat di pintu masuk tol. Pemeriksaan perdana digelar, Senin (25/1/2021) begitu pula dengan penegakan protokol kesehatan Covid 19.

“Kami memantau dan memulai melakukan pemeriksaan,” jelas Wali Kota Balikpapan HM Rizal Effendi di posko Km 13, Senin (25/1/2021).

Dijelaskan, dalam pemeriksaan yang dilakukan secara acak ini terdapat tiga hal yang ditegakkan yakni menjalankan protokol kesehatan, jika tidak akan dikenakan denda. Kemudian pemeriksaan surat kendaraan dilanjutkan pemeriksaan rapid test antigen secara acak kepada penumpang dari luar Balikpapan.

“Kalau nanti reaktif hasil pemeriksaan rapid test antigen, maka dipersilahkan untuk kembali dan kami akan laporkan kepada dinas kesehatan setempat, bahwa yang bersangkutan posisi reaktif yang harus ditindaklanjuti tapi dia tidak boleh masuk ke Balikpapan,” serunya.

Hal yang sama dilakukan di wilayah Balikpapan Timur tepatnya di Lamaru pemeriksaan rapid test antigen digelar. Bagi penumpang yang masuk ke Balikpapan dari arah Samboja turut terjaring dalam operasi ini. “Sampai 29 Januari 2021, kami juga akan bergerak ke Pelabuhan Ferry Karingau, terminal termasuk juga di kafe,” ungkapnya.

Mengingat angka terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Balikpapan meningkat dan kapasitas rumah sakit untuk pasien Covid 19 di Balikpapan juga melebihi daya tampung, maka Pemkot Balikpapan melalui Tim gugus tugas menggelar pemeriksaan rapid test antigen.

Pages: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top