Metro

Jumat Ini Balikpapan Penyuntikan Perdana, Vaksin Didistribusikan ke Puskesmas hingga Rumah Sakit

Vaksin Sinovac untuk Kota Balikpapan telah tiba di Gedung Instalasi farmasi dan pembekalan kesehatan Kota Balikpapan, Senin (25/1/2021) (foto:kotaku.co.id/niken)

KOTAKU, BALIKPAPAN-Vaksin Sinovac untuk Kota Balikpapan telah tiba di Gedung Instalasi farmasi dan pembekalan kesehatan Kota Balikpapan, Senin (25/01/2021).

“Pertama kami melaksanakan untuk tenaga kesehatan, yang dilaksanakan Jumat pekan ini jam 08.00 yang diawali dengan 10 tokoh, kemungkinan Wakapolda dan Kepala BPN Kaltim ikut bergabung,” jelas Wali Kota Balikpapan HM Rizal Effendi usai peninjauan saat vaksin Sinovac tiba di Instalasi Farmasi dan Pembekalan Kesehatan Kota Balikpapan.

Lanjut Rizal mengatakan, ada 2 ribu tenaga kesehatan yang mengikuti vaksin. Pelaksanaan akan dilakukan secara maraton selama 14 hari di 27 Puskesmas tersebar di enam kecamatan. “Vaksin ini akan didistribusikan ke Puskesmas, fasilitas kesehatan, rumah sakit,” ujarnya.

Saat ditemui, Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan dr Andi Sri Juliarty mengatakan vaksin Sinovac yang diterima sekitar 12.200 untuk dua kali, sehingga sekitar 6.100 tenaga kesehatan serta penunjang kesehatan seperti supir ambulan yang akan mengikuti vaksin dengan jeda 14 hari.

“Untuk tokoh kemungkinan ada ulama, tokoh pemuda, OPD pokoknya mewakili beberapa unsur,” urainya.

Lanjut Dio sapaan karibnya menyampaikan, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) dan Loka POM memantau kualitas mutu distribusi vaksin. “Semua rumah sakit dicek,” ucapnya.

Dalam kesempatan yang berbeda, Kepala UPTD Instalasi Farmasi dan Pembekalan Kesehatan Endah Rahmawati mengatakan ruang penyimpanan vaksin telah sesuai dengan suhu dan kelembapannya yakni 2-8 derajat celsius.

Selain itu juga, vaksin disimpan sesuai karakteristiknya ada yang sensitif dengan panas dan ada sensitif dingin. “Kalau tidak dikeluarkan, vaksin tetap kami kontrol setiap hari secara manual dengan dicatat suhunya pagi dan sore yang ada didalam Chiller. Ada juga secara elektronik perekaman data itu kami tarik setiap satu bulan sekali,” terangnya.(*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top