Ekbis

Perusahaan Keagenan Kapal Ikut Terdampak Covid-19, Ini Terobosan ISAA Balikpapan

Suriani Dahlan

Kalau sudah begitu, tidak ada lagi yang diharapkan selain berakhirnya pandemi Covid-19 sesegera mungkin. Agar kegiatan bisnis kembali seperti semula.

Di tengah pengharapan tersebut, pihaknya juga akan berupaya melebarkan akses keagenan kapal hingga ke Terminal Peti Kemas Karingau yang dikelola PT Kaltim Karingau Terminal (KKT). Itu sesuai program kerja DPC ISAA Balikpapan tahun 2021.

“Selama ini yang boleh melakukan keagenan hanya perusahaan yang tergabung dalam INSA (Indonesian National Shipowners Association/Asosiasi Pemilik Pelayaran Nasional Indonesia, Red) tapi sesuai Peraturan Menteri Perhubungan No 65 tahun 2019 tentang Penyelenggaraan dan Pengusahaan Keagenan Kapal maka organisasi perkapalan tidak hanya INSA tapi ada juga ISAA,” tegas Amran kembali.

Disebutkan, DPC ISAA Balikpapan terbentuk sejak 18 September 2019. Tercatat ada 29 perusahaan keagenan yang menjadi anggota dari total sekira 40 di Balikpapan.

Program kerja lainnya, yakni merangkul perusahaan keagenan lainnya dalam wadah asosiasi. “Kami akan siapkan terobosan agar perusahaan percaya peran organisasi,” pungkas Amran. (*)

Print Friendly, PDF & Email

Pages: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top