Metro

Aktivitas di Pelabuhan Semayang Dipastikan Normal saat Kaltim Lockdown Tiap Weekend

M Takwim Masuku

KOTAKU, BALIKPAPAN-Lockdown tiap akhir pekan alias Kaltim Steril tiap akhir pekan dalam rangka menekan kasus penyebaran Covid-19 tidak akan mempengaruhi aktivitas di Pelabuhan Semayang. “Di pelabuhan, (penutupan) pelayanan tidak bisa mendadak. Posisi kapal dalam perjalanan, jadi besok (Sabtu 6 Februari 2021, Red) ada tiga kapal penumpang yang akan tiba,” kata Kepala Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Balikpapan M Takwim Masuku dijumpai di sela pelepasan kapal laut yang mengangkut bantuan kemanusiaan bagi korban bencana gempa bumi Sulawesi Barat (Sulbar) di Pelabuhan Semayang, Jumat (5/2/2021).

Disebutkan, kapal angkutan yang akan tiba Sabtu besok masing-masing KM Kirana, KM Bukit Siguntang dan KM Mutiara Ferindo. Tak hanya membawa penumpang, ketiga armada tersebut juga membawa bahan pokok.

Sedangkan untuk kebijakan Kaltim Steril hari kedua pada pekan pertama yakni Minggu 7 Februari 2021, secara kebetulan lanjut dia, tidak ada kapal yang dijadwalkan berangkat maupun tiba.

Meski begitu ia memastikan mendukung kebijakan daerah dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19. Terbukti, mulai Sabtu besok, pihaknya mengikuti instruksi Gubernur Kaltim.

“Seluruh pelayanan di kantor kami selesaikan hari ini. Sedangkan untuk kapal yang akan berangkat sudah kami atur, karena mereka semuanya sudah menyiapkan keberangkatan jauh-jauh hari,” lugasnya.

Selanjutnya, dalam rangka mendukung ketentuan tersebut, regulator kepelabuhanan ini akan berkoordinasi dengan Pemerintah Kota untuk menyesuaikan aktivitas kepelabuhanan dengan aturan yang ada. “Kalau minggu depan mungkin kami bisa penyesuaian. Tapi tunggu hasil rapat Pemkot Balikpapan penerapannya seperti apa sambil kami koordinasi dengan Kementerian Perhubungan karena pelabuhan wilayah terbatas, pintu ekonomi yang enggak bisa serta merta dan kebutuhan masyarakat masuk melalui pelabuhan,” tuturnya.

H Iwan Sjarifuddin

Sekalipun aktivitas yang tetap normal, upaya pencegahan di Pelabuhan Semayang dipastikan tetap dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Seperti pemeriksaan suhu tubuh tiap calon penumpang yang hendak masuk ke area terminal, pemeriksaan surat keterangan pemeriksaan antibodi dengan hasil non reaktif.

“Di terminal penumpang juga terdapat dua fasilitas kesehatan yang melayani pemeriksaan rapid antigen,” imbuh General Manager (GM) PT Pelindo IV (Persero) cabang Balikpapan H Iwan Sjarifuddin saat ditemui dalam kesempatan yang sama.

Pun begitu untuk penumpang yang tiba di Pelabuhan Semayang, melengkapi diri dengan surat keterangan hasil pemeriksaan antibodi dari daerah asal. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top