Ekbis

Selamat, 13 Bandara Angkasa Pura I Raih The Voice of Customer Recognition dari ACI

Aktivitas calon penumpang di Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan dan upaya pencegahan Covid-19 yang rutin dilakukan (foto:kotaku.co.id/ist)

KOTAKU, BALIKPAPAN-Tiga belas bandara yang dikelola PT Angkasa Pura I (Persero) meraih pengakuan “The Voice of Customer Initiative” dari Airport Council International (ACI). Inisiatif ini merupakan bentuk pengakuan dan penghargaan bagi bandara-bandara yang tetap mendengar dan mengutamakan pelayanan terhadap pelanggannya selama pandemi Covid-19 sepanjang tahun 2020.

“Pengakuan ini merupakan bukti terhadap berbagai upaya Angkasa Pura I yang tetap mengutamakan dan menjaga standar pelayanan di masa pademi Covid-19,” ujar Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi melalui siaran pers yang disampaikan, Senin (8/2/2021).

Ketigabelas bandara tersebut masing-masing Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Bandara Juanda Surabaya, Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan, Bandara Internasional Yogyakarta, Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin, Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang, Bandara Adi Soemarmo Solo, Bandara Sam Ratulangi Manado, Bandara Lombok Praya, Bandara El Tari Kupang, Bandara Pattimura Ambon dan Bandara Frans Kaisiepo Biak.

Seperti diketahui, prosedur melakukan perjalanan udara selama pandemi Covid-19 tidak semudah dan senyaman dibanding prosedur normal sebelum pandemi. Demi meminimalisir laju penularan virus, berbagai prosedur tambahan dan protokol kesehatan harus diterapkan. Hal ini berdampak pada bertambahnya proses passenger journey yang berpotensi mengurangi kenyamanan para pelanggan. “Namun pada situasi ini, Angkasa Pura I berupaya memberikan pelayanan yang optimal dengan membuat calon penumpang tetap merasa nyaman walau harus melalui beberapa prosedur tambahan,” sambungnya.

Terpisah, General Manager (GM) Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan Barata Singgih Riwahono, mengatakan memperoleh pengakuan dan penghargaan di tengah pandemi Covid-19 merupakan suatu kebanggaan. “Tidak hanya itu penghargaan ini juga ditujukan kepada seluruh stakeholder Bandara SAMS Sepinggan yang bersama-sama berinovasi dimasa adaptasi kebiasaan baru agar dapat terus memaksimalkan pelayanan dan patuh akan penerapan protokol kesehatan,” serunya.

Mengenai inisitiatif ini, Direktur Jenderal ACI World Luis Felipe de Oliveira mengatakan, merupakan bentuk baru pengakuan yang terpisah dari Airport Service Quality (ASQ) Awards.

“Bandara-bandara yang dikelola Angkasa Pura I telah melakukan berbagai upaya signifikan dalam mengumpulkan respon penumpang melalui Program Airport Service Quality dan inisiatif ini juga akan membantu pengelola bandara untuk memahami penumpang lebih baik,” imbuhnya.

Pages: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top