Metro

Dukung PPKM Skala Mikro, Polda Kaltim Siagakan 500 Personel

Teks foto: Apel kesiapsiagaan Bhabinkamtibmas dalam penerapan PPKM di lapangan SPN Polda Kaltim (kotaku.co.id/ist)

KOTAKU, BALIKPAPAN-Sebanyak 500 personel kepolisian siap diturunkan untuk mendukung kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala Mikro di Balikpapan. Ratusan personel terdiri dari Bhabinkamtibmas dan tenaga kesehatan dari Biddokes Polda Kaltim yang akan ditempatkan ditiap RT.

Kapolda Kaltim Irjen Pol Herry Rudolf Nahak mengatakan, telah menyiapkan dan membekali personel serta tenaga medis untuk mendukung penanganan Covid-19 di tingkat RT karena akan bergabung dengan Satgas Covid-19 tingkat RT bersama Babinsa dan unsur lainnya.

“Hari ini kami melakukan apel kesiapan bagi vaksinator dari Polri dan Bhabinkamtibmas yang diperbantukan sebagai tracer. Ini dimaksud untuk mendukung tenaga vaksinator dari pemerintah yang sudah disiapkan Dinas Kesehatan, kemudian yang tracer disiapkan untuk program PPKM Mikro,” ujarnya usai apel kesiapan di lapangan Sekolah Polisi Negara (SPN), Jalan Jenderal Sudirman, Kamis (11/2/2021).

Ditambahkannya, Bhabinkamtibmas perlu untuk membantu penanganan mulai dari tracing hingga sosialisasi dan penindakan di tengah-tengah masyarakat.

“Jika ditemukan ada yang positif maka satgas atau posko yang ada di RT itulah yang akan bertugas. Salah satu kekuatan di situ ada Bhabinkamtibmas, ada Babinsa lalu bersama-sama melakukan tracing ke masyarakat,” tambahnya.

Sebelum terjun ke lapangan, 500 personel terlebih dahulu menjalani training untuk memahami situasi Covid-19 dan proses penanganan pasien sesuai prosedur yang baik dan benar.

“Kekuatan kami ada 500 lebih yang akan dikerahkan termasuk tenaga kesehatan dari Polri. Tentu mereka ditraining dulu, tapi sebetulnya mereka adalah tenaga kesehatan yang biasa melakukan penyuntikan. Tinggal mereka ditraining dulu tentang bagaimana vaksinasi Covid-19 ini dengan protokolnya,” pungkas Kapolda. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top