Metro

Antisipasi PPKM Skala Mikro, Klandasan Ulu Petakan Zonasi Kasus Covid-19

hamas Ramadhan
Teks foto: Lurah Klandasan Ulu Siswanto (tengah) saat menggelar rapat pemetaan zonasi (foto: kotaku.co.id/soleh)

KOTAKU, BALIKPAPAN-Antisipasi jika kelak Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro diterapkan, Kelurahan Klandasan Ulu menggelar pemetaan zonasi tiap lingkungan RT. Apalagi, Jumat 12 Februari 2021 merupakan hari terakhir penerapan PPKM jilid II sesuai Surat Edaran Wali Kota Balikpapan.

“Saat ini sedang dilakukan proses pemetaanya serta perencanaannya. Jadi nanti akan diberdayakan Satgas RT, Satgas Kelurahan, dan Satgas Kecamatan,” terang Lurah Klandasan Ulu Siswanto ditemui Kotaku.co.id, Kamis (11/2/2021).

Dijelaskan, pemetaan tersebut tergantung jumlah yang terkonfirmasi Covid-19, jumlah pasien sembuh, jumlah pasien yang isolasi mandiri hingga jumlah meninggal dunia akibat Covid-19 dan hasil pemetaan itu akan diperbarui setiap pekan.

Dia menjelaskan, di Kelurahan Klandasan Ulu saat ini sedang melakukan pendataan, sementara satgas yang sudah terbentuk di tingkat RT akan dioptimalkan.

“Nanti kami akan susun itu semua, jadi sinkron. Kami tinggal menunggu instruksi berikutnya, saat ini camat lagi rapat dengan unsur Muspicam (Musyawarah Pimpinan Kecamatan, Red),” ungkapnya.

Disebutkan, Klandasan Ulu terdiri dari 40 RT. Namun ada satu RT yang belum membentuk Satgas Covid-19 karena keterbatasan waktu luang karena mayoritas warganya berdagang.

Adapun rata-rata kasus Covid-19 di wilayahnya, sebut Siswanto masih di bawah zona merah, itu sesuai data yang dilansir Dinas Kesehatan Kota (DKK). (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top