Corak

Bantuan Kemanusiaan Masyarakat Balikpapan, Tiba di Barabai

Teks foto: penyerahan bantuan kemanusiaan dari warga Balikpapan yang didistribusikan Ketua PMI Balikpapan tiba di Hulu Sungai Tengah (foto: kotaku.co.id/ist)

KOTAKU, BALIKPAPAN-Bantuan kemanusiaan masyarakat Balikpapan untuk korban bencana banjir, Kalimantan Selatan (Kalsel) tiba di Barabai, Jumat (12/2/2021) pukul 07.00 Wita.

Bantuan yang dibawa sebanyak 7.8 ton. Diangkut menggunakan dua unit mobil truk. Bantuan diserahkan Ketua PMI Balikpapan drg Dyah Muryani MARS kepada Kepala Posko Tanggap Darurat Bencana, Hulu Sungai Tengah (HST) Nanik Puspitasari, secara simbolis di Gedung Serba Guna, Posko PMI Tanggap Darurat Bencana, Hulu Sungai Tengah, Kalsel.

Ia menjelaskan, sebelumnya PMI Balikpapan juga telah menyerahkan bantuan logistik sebanyak 9 ton. “Ini kali kedua kami menyerahkan bantuan masyarakat Balikpapan, sebanyak 7.8 ton, dan dana sekitar Rp600 juta telah terkumpul selama posko bantuan bencana dibuka Januari lalu,” ungkap Dyah melalui siaran pers yang disampaikan, Jumat siang.

Dyah berharap, bantuan masyarakat Balikpapan untuk korban bencana banjir Kalsel dapat tersalurkan dengan baik, dengan bantuan PMI Hulu Sungai Tengah.

Sementara itu Kepala Posko Tanggap Darurat Bencana dan juga selaku Pengurus PMI Hulu Sungai Tengah, Nanik Puspitasari menyampaikan terima kasih, kepada masyarakat Balikpapan melalui PMI Balikpapan telah menyalurkan khususnya ke Kabupaten Hulu Sungai Tengah.

Nanik Puspitasari mengakui, pihaknya banyak menerima bantuan dari masyarakat Provinsi Kaltim, utamanya Balikpapan.

Rasa haru disampaikan Nanik, bahwa PMI Balikpapan aktif memberikan bantuan selama ini. “Dan ini kali kedua, membawa bantuan kepada kami. Ini komplet, karena pengurus beserta relawan PMI Balikpapan ikut serta menyampaikan bantuan tersebut,” urainya.

Ia menjelaskan, bantuan yang telah diterimanya, akan segera disalurkan kepada warga Kabupaten Hulu Sungai Tengah, khususnya yang terdampak. “Sesuai dengan protap, prosedur dan asesmen yang kami dapatkan,” paparnya.

Penyerahan bantuan itu juga disaksikan Ketua Bidang Penanggulangan Bencana PMI Provinsi Kalsel Dedi Kurniadi dan perwakilan Dinas Kesejahteraan Sosial.

Ketua Bidang Penanggulangan Bencana PMI Provinsi Kalsel, Dedi Kurniadi menyampaikan, rasa syukurnya, atas bantuan masyarakat Balikpapan melalui PMI Balikpapan yang telah diserahkan. Tentunya, ini dapat membantu masyarakat Kalsel, khususnya Hulu Sungai Tengah.

Dihari yang sama, pihaknya juga, menerima bantuan berupa kompor gas dan lainnya dari mantan Diklat Pimpinan III Angkatan 12 Pemerintah Kalsel.

Untuk diketahui, bencana banjir Hulu Sungai Tengah, terjadi 13-18 Januari lalu, sedikitnya 10 kecamatan terdampak dan 92 kelurahan desa.

Terdapat 29.062 Kepala Keluarga (KK) dan 87.506 jiwa terkena musibah banjir. Dari jumlah itu, sebanyak 1.219 jiwa mengungsi. Sedangkan bangunan, ada 20.553 rumah terdampak, 183 rumah hilang serta 3.056 rumah rusak. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top