Metro

Kompak, RT 12 dan RT 23 Klandasan Ulu Antisipasi Covid-19

Teks foto: posko siaga Covid-19 di RT 12 dan RT 23 Klandasan Ulu (foto:kotaku.co.id/soleh)

KOTAKU, BALIKPAPAN-Untuk menekan kasus penularan Covid-19 yang terjadi di Kota Balikpapan, RT 12 yang terletak di Gang Monas Jalan Wiluyo Puspo Yudho, Kelurahan Klandasan Ulu, Balikpapan Kota membangun posko-posko penjagaan dan rumah isolasi mandiri bagi yang terinfeksi Covid-19.

Ketua RT 12 M Kadarsyah atau biasa disapa Caca mengatakan, untuk rumah Covid-19 yang terletak tepat di samping rumahnya sudah dibangun sebelum diterapkannya PPKM skala mikro. Dan untuk posko, mulai diberdayakan sejak Jumat 12 Februari 2021 saat diterapkanya PPKM skala mikro.

“Dulu itu Posyandu, dan ini kami buat hanya untuk antisipasi jika ada warga yang terpapar,” terangnya saat ditemui Kotaku.co.id, Minggu (14/2/2021).

Rumah yang berdiri di atas lahan 5×8 meter juga menyediakan berbagai macam fasilitas, seperti MCK, tempat tidur, sarana hiburan seperti tv, WiFi, dan sebagainya.

Selain itu, Caca menjelaskan untuk pos jaga, pihaknya memberdayakan pemuda Karang Taruna RT 12.

Tak hanya berada di satu lokasi, posko Covid-19 RT 12 selalu ada ditiap perbatasan RT. Sebagai pelengkap, tiap gang terdapat portal untuk memudahkan pengawasan m

Setali tiga uang, RT 23 yang terletak berseberangan dengan Gang Monas, juga menyediakan fasilitas rumah buat warganya yang terkonfirmasi covid-19. Ketua RT 23 Dwi Atimi mengatakan, warga yang keluar dan masuk di kawasannya wajib mengikuti protokol kesehatan. Di posko jaga juga dilakukan pengecekan cek suhu.

“Untuk yang jaga piket di kawasan ini kami aturkan jadwal piket jadi secara bergantian untuk melakukan penjagaan,” imbuhnya. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top