Metro

Pedagang di Kecamatan Balikpapan Kota Dukung Kebijakan Satgas Penanganan Covid-19

hamas Ramadhan
Teks Foto: Kawasan pantai Melawai, Serta Lapangan merdeka Kota Balikpapan yang diminta untuk tidak berjualan Sabtu-Minggu (foto: kotaku.co.id/ist)

KOTAKU, BALIKPAPAN-Menindaklanjuti Surat Edaran Wali Kota Balikpapan Nomor: 300/392/pem tanggal 12 Februari 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakah (PPKM) skala mikro dan skala kota, Kecamatan Balikpapan Kota menggelar sosialisasi kepada para pedagang yang berada di fasilitas umum seperti dermaga Lanal, Pantai Melawai, dan Lapangan merdeka.

Dalam kegiatan tersebut, Camat Balikpapan Kota Heru Ressandy Kusuma fasilitas umum (fasum) di kawasan tersebut selama PPKM ini mendapatkan relaksasi terbatas untuk mengurangi potensi kerumunan. Kawasan itu meliputi Taman Bekapai, Lapangan Merdeka, dermaga Lanal dan Pantai Melawai.

Di kawasan dermaga Lanal, Pantai Melawai, hingga Lapangan Merdeka diminta untuk tidak berjualan saat Sabtu-Minggu. Sedangkan hari lainya, waktu berjualan mulai pukul 09.00-22.00 Wita. Khusus di jawasan Taman Bekapai boleh berjualan setiap hari dari pukul 17.00-20.00 WITA, namun untuk Taman Bekapainya tetap ditutup selama dua pekan.

Meskipun awalnya pedagang di kawasan fasum tersebut merasa keberatan lantaran semua pedagang yang di luar fasum boleh berjualan setiap hari dan take away, namun akhirnya Satgas Covid-19 Kecamatan Kota bisa menyamakan persepsi dengan para pedagang.

“Kami undang tadi siang untuk menyamakan persepsi dan diberikan penjelasan kenapa SE nya mengatur seperti itu, ya karena instruksi Mendagri no: 3/2021 yang mengatur kegiatan fasum agar ditutup sementara untuk mengurangi kerumunan, dan masih ada dua parameter dari empat parameter di Balikpapan yang perlu ditekan pertambahannya agar tidak di atas rata-rata nasional lagi yaitu tingkat kematian dan tingkat keterisian ICU serta ruang isolasi sehingga isi kebijakan SE nya pedagang di luar fasum diatur sesuai poin 8 dan di dalam fasum sesuai poin 5. Dan Alhamdulillah mereka menyadari serta mau untuk mendukung kebijakan satgas covid-19 untuk menekan laju angka penyebaran covid-19 di Balikpapan Kota,” jelasnya saat ditemui Kotaku.co.id, Sabtu (13/2/2021).

Menurut pantauan media ini, Sabtu malam tadi, masih ada beberapa pedagang yang berjualan di kawasan Lapangan Merdeka serta Pantai Melawai, selain itu lampu median jalan di kawasan tersebut juga tidak menyala.

“Untuk yang masih berjualan diberikan himbauan kembali lalu disuruh pulang,” pungkasnya. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top