Metro

Lurah Klandasan Ulu Patroli PPKM Skala Mikro

Siswanto (tengah) mengunjungi 5 RT di Kelandasan Ulu

KOTAKU, BALIKPAPAN-Satgas Covid-19 Kelurahan Klandasan Ulu dan jajaranya melakukan monitoring persiapan posko-posko Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro RT 12, RT 22, RT 23, RT 05 dan RT 27.

Dalam kunjunganya, Lurah Klandasan Ulu Siswanto didampingi Bhabinsa Kelurahan mengimbau kepada para Ketua RT setempat agar lebih memperhatikan warganya.

“Lima RT yang kami kunjungi Alhamdulillah rata-rata aman, bahkan ada inisiatif warga yang meluangkan tempat untuk rumah isolasi mandiri, jadi gak perlu keluar dari kampung, kami mendukung serta memberikan imbauan,” bebernya saat ditemui Kotaku.co.id, Minggu (14/2/2021).

Selain itu, melalui swadaya masyarakat ada juga yang siap bergotong royong memberi makanan jika ada warga yang terpapar. “Artinya berjibakulah, dari warga untuk warga,” imbuhnya.

Dia juga menjelaskan, dari lima RT yang disambangi malam tadi, dua di antarnya kategori zona kuning. Oleh karena itu kegiatan monitoring ini bersifat berkelanjutan selama PPKM skala mikro berlangsung agar RT yang zona kuning bisa berhasil ke zona hijau.

Untuk diketahui, total ada 42 RT di Klandasan Ulu membentuk Satgas Covid 19.

“Alhamdulillah, kesadaran masyarakatnya tinggi jadi semua RT ada satgas dan poskonya,” pungkasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Camat Balikpapan Kota Heru Ressandy Kusuma sekaligus Ketua 5satgas Covid-19 di Balikpapan Kota mengapresiasi kegiatan tersebut. Dia juga mengatakan bahwa rumah karantina dan posko Covid-19 tingkat RT merupakan perwujudan PPKM mikro yang bertujuan untuk menekan penyebaran kasus Covid19 mulai dari lingkungan RT dan kelurahan.

“Posko Covid di tingkat kelurahan akan menjalankan fungsi pencegahan, penanganan, pembinaan dan dukungan yang telah diatur dalam SE Kasatgas Covid19 Nasional No 9/2021 tanggal 12 Februari 2021”, tutupnya. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top