Metro

Kelurahan Klandasan Ulu Bangun Posko Satgas Covid-19

Teks foto: Posko Satgas Covid-19 Klandasan Ulu (foto: kotaku.co.id/soleh)

KOTAKU, BALIKPAPAN-Hampir setahun sudah Pemerintah Kota Balikpapan berjibaku melawan pandemi Covid-19. Masyarakat pun turut serta memerangi ganasnya wabah tersebut untuk menekan kasus penularan.

Oleh karenanya, melalui surat edaran Wali Kota Balikpapan No 300/392/ pem tanggal 12 Februari 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro, Kelurahan Klandasan Ulu membangun posko Covid-19 di halaman kantornya, Jalan Jendral Sudirman, Balikpapan Kota.

“Jadi kami tindak lanjuti surat edaran tersebut dari pimpinan beserta Kasi Trantib Kecamatan Balikpapan Kota Iskandar Noor serta warga dengan bersinergi dengan masyarakat membuat posko secara bahu-membahu baik di tingkat kelurahan maupun tingkat RT,” kata Lurah Klandasan Ulu Siswanto kepada Kotaku.co.id, Rabu (17/2/2021).

Pembangunan posko tersebut mendapat respon positif dari masyarakat. Bahkan menurutnya ada beberapa dari masyarakat yang sudah menyediakan rumah untuk isolasi mandiri untuk mengantisipasi jika ada warganya terkonfirmasi positif Covid-19. “Semua atas kesadaran waga itu sendiri,” imbuhnya.

Sementara untuk posko yang ada di kelurahan maupun ditiap RT berfungsi untuk melakukan pencegahan, penangan, pembinaan serta dukungan agar PPKM skala mikro ini dapat dilaksanakan dengan baik secara terkoordinasi, terpadu dan bersinergi dengan semua unsur terkait agar mendapatkan hasil yang efektif.

“Dengan adanya posko ini ketika kasus bertambah kami tidak kelabakan lagi dan siap menghadapi secara bahu-membahu dengan satgas RT,” jelasnya.

Sementara itu, Camat Balikpapan Kota Heru Ressandy Kusuma mengatakan, rumah karantina dan posko Covid-19 satgas RT merupakan perwujudan PPKM mikro yang bertujuan untuk menekan penyebaran kasus Covid-19.

“Posko Satgas Covid-19 di kelurahan akan menjalankan fungsi pencegahan, penanganan, pembinaan dan dukungan yg telah diatur dalam SE Kasatgas Covid19 Nasional No 9/2021 tgl 12 Februari 2021,” tutupnya. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top