Ekbis

Perkuat Ketahanan Pangan, BI Balikpapan Beri Bantuan Sumur Bor di Desa Rintik PPU

Teks foto: penyerahan bantuan secara simbolis disertai dengan panen bawang merah di Desa Rintik Kabupaten PPU (kotaku.co.id/ist)

KOTAKU, BALIKPAPAN-Perkuat ketahanan pangan daerah khususnya holtikultura, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Balikpapan memberikan bantuan sumur bor dalam di Desa Rintik, Kecamatan Babulu, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Rabu (17/2/2021). Dirangkai dengan panen bawang merah di lahan Kelompok Tani Karya Usaha.

Bantuan senilai Rp480 juta diserahkan Kepala KPw BI Sri Darmadi Sudibyo kepada Ketua Kelompok Tani Karya Usaha Aisyah.

“Dengan adanya bantuan ini diharapkan kebutuhan air untuk pengairan lahan terpenuhi dengan mudah mengingat terbatasnya sumber air sebagai dampak kemarau panjang tahun 2019,” kata Kepala KPw BI Balikpapan Sri Darmadi Sudibyo melalui siaran pers yang disampaikan Rabu sore. Dijelaskan, keberadaan sumber air bersih ini dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan irigasi bagi tiga kelompok tani (poktan). Masing-masing Poktan Karya Usaha, Poktan Karya Hidayah dan Poktan Karya Jasa.

Ia juga menaruh harap, adanya sumur bor dalam di Desa Rintik dapat memenuhi kebutuhan air bersih untuk konsumsi sehari-hari oleh warga sekitar. Khususnya RT 2 dan RT 3 dengan jumlah penduduk 495 jiwa. Sebab kabarnya hingga saat ini, Desa Rintik belum dijangkau layanan air bersih. Lebih dari itu, bantuan tersebut juga dapat dimanfaatkan untuk fasilitas umum seperti sekolah maupun musala di sekitar lokasi sumur bor dalam.

“Selain mencukupi kebutuhan air kami berharap sumber air bersih ini mendukung kelancaran program ketahanan pangan khususnya hortikultura serta meningkatkan taraf dan kualitas hidup masyarakat juga kapasitas ekonomi. Rawat dan dikelola dengan baik, sehingga dapat terus mendatangkan manfaat bagi masyarakat Desa Rintik dan sekitarnya,” pungkasnya.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Kepala Dinas Pertanian PPU Mulyono tidak ketinggalan masyarakat Desa Rintik dan anggota Kelompok Tani Karya Usaha. (*)

Print Friendly, PDF & Email
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top