Metro

Berbagai Kluster Sudah Terpapar Covid 19, Masyarakat Perlu Waspada

Teks foto:Tim Satgas Covid 19 Balikpapan menyampaikan perkembangan kasus saat monitoring PPKM skala mikro di RT 34 Kuta Hills Wika, Sabtu (20/2/2021) (foto:kotaku.co.id/niken)

KOTAKU, BALIKPAPAN-Perkembangan kasus terkonfirmasi positif Covid 19 Kota Balikpapan yang kembali meningkat disampaikan Tim Satgas Covid 19 Balikpapan pada saat monitoring PPKM skala mikro di RT 34 Kuta Hills Wika, Sabtu (20/2/2021).

“Hari ini terdapat penambahan kasus terkonfirmasi sebanyak 164 kasus,” ucap Ketua Satgas Covid 19 Balikpapan HM Rizal Effendi.

Rizal mengatakan pada penambahan kasus tersebut yang perlu dicermati ada beragam, karena berbagai kluster sudah terkena Covid 19 dari tenaga kesehatan, perkantoran, termasuk TNI-Polri. Sehingga masyarakat perlu betul-betul waspada untuk dapat mematuhi protokol kesehatan.

“Kami tinggal memperhatikan mereka di perkantoran, karena beberapa kasus kalau di lingkungan baik di kantornya juga harus diwaspadai, ada juga di kantor baik di rumah yang belum bagus. Nah, ini yang harus kami cermati terus perkembangan Covid 19 di Balikpapan,” ungkapnya.

Sejauh ini yang paling banyak terkonfirmasi positif berasal dari kluster perkantoran dan keluarga, sedangkan untuk kluster pasar, mal sudah berkurang. “Nanti ada rencana akan dilakukan peninjauan ke perkantoran. Yang paling sering kena perbankan, kantor pemerintahan, kantor swasta,” terangnya.

Terkait vaksinasi, dosis kedua kepada tenaga kesehatan dan 10 tokoh di Kota Balikpapan yang sudah terlaksana mencapai 73 persen atau sekitar 4 ribu, yang target untuk terselesaikan dalam bulan ini. Mengingat jangka waktu pemberian vaksinasi dosis pertama menuju dosis kedua hanya 14 hari. Selanjutnya, akan menunggu vaksinasi tahap kedua, karena saat ini vaksinasi tahap kedua sudah berlangsung di Pulau Jawa dan Bali. “Kami tunggulah,” tukasnya.(*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top