Peristiwa

Rumah Kosong di Balikpapan Tengah Ludes Dilalap Api

Teks foto: Rumah kosong yang terbakar sore tadi (foto:kotaku.co.id/soleh)

KOTAKU, BALIKPAPAN-Hanya berselang dua hari, peristiwa kebakaran kembali melanda Kota Balikpapan. Setelah sebelumnya api menghanguskan empat ruko di Jalan Perapatan, kali ini api kembali melumat rumah kosong yang terletak di RT 18 Kelurahan Gunung Sari Ulu, Balikpapan Tengah, Jumat (19/2/2021).

“Satu rumah kosong terbakar,” kata Kabid Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Balikpapan Umsan Ali saat dikonfirmasi.

Diterangkan, dua unit mobil pemadam kebakaran masing-masing dari UPT BPBD Tengah, Kota, Barat dan Selatan untuk menanggulangi kebakaran tersebut. Ditambah dua unit water canon.

Terpisah, Ketua RT 18 Kelurahan Gunung Sari Ulu Ali, mengatakan, rumah tak berpenghuni tersebut diperkirakan terbakar sejak pukul 17.30 Wita. Api mulai berkobar hebat pukul 18.00 Wita. “Soalnya jam 18.00 Wita api sudah besar, nah untuk menjadi besar itukan butuh proses yang bisa mencapai 30 menit, jadi kami perkirakan api itu sudah menyala sejak pukul 17.30 Wita,” bebernya saat ditemui Kotaku.co.id.

Kobaran api melalap rumah kosong lebih dari 1 jam. Karena lokasi kebakaran di tengah pemukiman padat penduduk dan dengan kondisi wilayah yang berbukit tidak dapat dijangkau mobil pemadam dari dekat, maka petugas membentang selang yang cukup panjang untuk naik ke atas.

“Selang masuk lewat gang,” jelasnya kemudian.

Namun, untuk asal api Ali mengatakan masih belum diketahui. “Bahkan warga yang bertetangga dengan rumah kosong itu juga tidak tahu asal mula apinya,” imbuhnya.

Ali menjelaskan, rumah yang terbakar tidak berpenghuni sejak pertengahan tahun 2013. Ditinggal pemiliknya karena sudah proses jual beli. Hanya saja tidak diketahui pemilik baru rumah yang ludes dilalap api.

“Orangnya siapa tidak pernah laporan ke saya. Tapi kalau pemilik sebelumnya saya kenal,” ungkapnya.

Enam bulan yang lalu lanjut Ali, saat ada pemetaan wilayah untuk memperbarui data kawasan tersebut, kondisi rumah diisi barang-barang yang sudah usang. Sementara untuk instalasi listrik maupun air tidak lagi berfungsi. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top