Ekbis

Naik..Naik..Harga Cabai Makin Naik! Rp100 Ribu per Kg

Teks foto: kenaikan harga cabai semakin menyengat (foto: kotaku.co.id/Soleh)

KOTAKU, BALIKPAPAN-Harga bahan makanan naik mencolok. Terbaru harga cabai yang terus meningkat setiap hari. Pantauan Kotaku.co.id di sejumlah pasar tradisional yakni Pasar Klandasan dan Pasar Baru, Senin (22/2/2021), harga cabai semakin menggigit.

Marwah, pedagang di Pasar Klandasan, membandrol cabai seharga Rp120 ribu per Kg. Naik Rp20 ribu dari harga yang dipatok sehari sebelumnya.

“Ini kan barangnya dari Pasar Baru, harganya juga sudah naik, untuk modal saja sudah Rp100 ribu,” jelasnya ditemui Kotaku.co.id, Senin siang.

Sementara untuk di Pasar Baru, harga cabai berada di leve Rp100 ribu per Kg. Adalah Aina pedagang cabai di pasar tradisional tersebut. Padahal sebelumnya, ia mengaku menjual cabai seharga Rp40 ribu hingga Rp50 ribu per Kg. “Mungkin besok (harganya) bisa lebih tinggi dari itu,” ucap Aina. Tren kenaikan juga berlaku untuk cabai besar dan keriting yang mengalami kenaikan Rp10 ribu menjadi Rp50 ribu per Kg.

Menurut pedag, kenaikan harga tersebut diperkirakan akibat minimnya stok. Tak hanya cabai, untuk harga komoditas lainya juga meningkat di Pasar Baru. Seperti tomat yang biasanya dijual Rp9 ribuan per Kg untuk beberapa hari ini menyentuh harga Rp15 ribuan per Kg. Begitu juga dengan harga sayuran yang rata-rata naik Rp1.000 hingga Rp3 ribuan.

Akibat kenaikan harga tersebut pedagang mengeluhkan sepinya pembeli. “Keadaan sudah seperti ini, harga naik jadi lapak sepi, mudah-mudahan besok bisa kembali turun lah,” pungkas pedagang. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top