Metro

Cegah Banjir MT Haryono, Pemkot Balikpapan akan Bangun Bendali di Kelurahan Gunung Samarinda

hamas Ramadhan
Teks foto: Tarso

KOTAKU, BALIKPAPAN-Cegah banjir di kawasan MT Haryono, Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan akan membangun bendungan pengendali air (Bendali) di Kelurahan Gunung Samarinda.

Tim pembebasan lahan pun sudah dibentuk untuk mendukung rencana tersebut. Itu berdasarkan hasil rapat yang dipimpin Asisten I Bidang Tata Pemerintahan Sekretariat Daerah Kota Balikpapan Syaiful Bahri dengan Lurah Gunung Samarinda Tarso.

“Kami masih pembentukan tim pengadaan, kalau sudah selesai tim itu baru nanti kami menginventarisir pemilik lahan di situ,” ucap Tarso, Rabu (24/2/2021).

Dijelaskan, nantinya bendali akan dibangun di atas lahan dua kelurahan yakni Kelurahan Gunung Samarinda dan Kelurahan Gunung Samarinda Baru dengan luas 10,1 hektare. Lokasi berdekatan dengan kawasan Kampung Kangkung Sumber Rejo (Kang Bejo).

“Itu (lahan, Red) punya warga, makanya ada usaha pembebasan lahan. Kalau punya pemerintah ada sekitar 1 hektare,” jelasnya.

Sejalan dengan rencana tersebut, ia mengaku telah melakukan sosialisasi dengan warga setempat. Tarso memastikan warga mendukung. “Warga senang dengan rencana pembebasan itu sepanjang sesuai,” ungkapnya.

Tak sekadar berfungsi mencegah banjir, bendali yang akan dibangun di kawasan tersebut diusulkan menjadi tujuan wisata. Apalagi di dalamnya terdapat lahan milik Pemkot Balikpapan.

“Saya juga sudah koordinasi dengan PU (Dinas Pekerjaan Umum, Red) agar bendali juga nanti jadi tujuan wisata. Kalau di situ ada kuliner maka hiduplah nanti ekonomi warga setempat,” ujarnya bersemangat.

Masih di atas lahan pemilik Pemkot Balikpapan, ia juga mengusulkan melalui Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) agar dibangun gedung serba guna.

Apabila rencana jangka panjang itu terealisasi maka akan menjadi jalan menuju pada TPA Kampung Timur, selain itu juga tembus ke arah Pasar se5gar. “Kalau itu tembus jalan alternatif bisa mengurangi kemacetan,” pungkasnya.(*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top