Metro

Zona Hijau, RT 27 Kelurahan Telagasari Tetap Perketat Pengawasan

hamas Ramadhan
Teks Foto: Endang Miyasih (empat dari kanan) berfoto bersama Bhabinsa serta satgas RT 27. (Kotaku.co.id/Soleh)

KOTAKU. BALIKPAPAN-Meskipun sudah tiga bulan berada di zona hijau, tak membuat Endang Miasih selaku Ketua RT 27 Kelurahan Telagasari, Balikpapan Kota atau lebih tepatnya di kawasan Pasir Ridge, mengendurkan pengawasan. Pasalnya sejak 14 Februari 2021 lalu, RT 27 tetap membangun posko dan satgas Covid-19

“Alhamdulillah meskipun status sudah zona hijau, selain posko dan satgas kami juga merencanakan akan mengadakan jam malam atau penjagaan malam mulai dari pukul 19.00-23.00 Wita untuk titik-titik area masuk RT 27,” jelasnya saat ditemui Kotaku.co.id, Sabtu (27/2/2021).

Sementara untuk yang menjaga akan dibikinkan agenda, dan terkhusus untuk Sabtu malam penjagaan hingga pukul 02.00 Wita.

“Mudah-mudahan kami terus di zona hijau,” tegasnya.

Dia menambahkan, untuk satgas yang terbentuk sesuai dengan ketentuan yakni ada tujuh orang.

Selain itu, di posko itu juga tersedia hand sanitizer serta tempat cuci tangan, dan ke depanya juga sudah direncanakan akan diadakan alat pengukur suhu tubuh termogan.

Di posko Covid-19 RT 27 juga disediakan panel mengenai alur ketika ada kasus terpapar di lingkunganya, serta juga ada struktural nomor penting yang dapat dihubungi.

Selain itu, RT 27 juga sudah melakukan antisipasi jika ada yang terkonfirmasi. Menurutnya, jika ada warganya yang terkonfirmasi positif Covid-19 dan rumahnya masih memadai maka akan isolasi di rumah masing-masing. Sebaliknya, yang membutuhkan perawatan intensif maka tim satgas akan melakukan koordinasi dengan Puskesmas agar dapat dirujuk ke Rumah Sakit.

“Mengenai sampah medis, sesuai dengan instruksi sampah tersebut akan dikumpulkan oleh pasien di plastik berwarna kuning untuk menunjukkan sampah medis sesuai dengan arahan pemerintah selanjutnya akan dilakukan kembali koordinasi dengan Puskesmas serta kelurahan untuk penanganannya,” paparnya.

Di lain kesempatan, Lurah Telagasari Arini Amir memberikan apresiasi untuk RT 27. Menurutnya posko Covid-19 di lingkungan tersebut cukup baik dan memenuhi standar tingkat RT sehingga warga bisa mengetahui informasi mengenai Covid-19 melalui posko.

“Karena masa pandemi sekarang ini Satgas Covid-19 tingkat RT inilah yang terdepan dan terdekat dengan masyarakat untuk langkah awal memutus rantai penyebaran dan dengan adanya Satgas Covid-19 tingkat RT ini bisa lebih mengedukasi warga sekitar tentang pencegahan dan penularan covid 19 ini,” pungkasnya. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top