Peristiwa

Bakar Sarang Tawon, Api Malah Merambat ke Plafon Rumah di Balikpapan Baru

Teks foto: Petugas BPBD Kota Balikpapan melakukan pendinginan di lokasi kebakaran (kotaku.co.id/ist)

KOTAKU, BALIKPAPAN-Warga yang berada di seputaran perumahan cluster Paris Balikpapan Baru RT 24 Kelurahan Gunung Samarinda Baru, Balikpapan Utara, mendadak heboh, Senin (1/3/2021) siang. Pasalnya, satu unit rumah di lokasi nyaris ludes terbakar dilalap si jago merah.

Informasi yang dihimpun, kejadian sekira pukul 10.30 Wita. Di mana pekerja tengah melakukan renovasi terhadap rumah yang diketahui milik Edy Susanto. Saat melakukan renovasi, pekerja pun melihat ada sarang tawon di plafon. Pekerja pun sigap memusnahkan sarang tawon dengan cara dibakar agar tidak menganggu pekerja.

Namun sayang, saat melakukan pembakaran dengan peralatan seadanya, api merembes ke plafon dan nyaris membakar rumah. Pekerja yang melihat itu sontak berupaya melakukan pemadaman. Begitu juga warga lain langsung berdatangan guna melakukan pendinginan dengan peralatan seadanya. Khawatir api membesar karena lokasi memang kawasan padat penduduk.

“Ada pekerja bernama Sandi yang membakar tawon rupanya silau karena matahari jadi tidak melihat api sudah merembes ke plafon,” ujar Akbar (35) salah seorang warga di lokasi.

Tidak berapa lama kemudian, petugas Badan Penanggulangan Bencana dan Kebakaran Daerah (BPBD) Kota Balikpapan yang mendapat informasi juga meluncur ke lokasi. Setidaknya ada dua unit mobil pemadaman yang diturunkan. Dan sekira 30 menit kemudian, kobaran api pun benar-benar berhasil dipadamkan.

“Pemadam datang langsung membantu pendinginan. Setelah dipastikan api padam, baru petugas kembali. Ada juga di lokasi tadi membantu dari relawan Balikpapan. Pihak kepolisian dari Polsek Balikpapan Utara juga ada,” tambahnya. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top