Ekbis

BHS: Presiden Jokowi Pasti Marah Jika Tahu Masalah Dermaga Eksekutif

KOTAKU, BALIKPAPAN-PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) ditantang untuk melakukan uji coba dan audit semua kapal eksekutif lintasan Merak-Bakauheni dengan melibatkan para pemangku kepentingan terkait.

Tantangan itu disampaikan pemerhati dan praktisi transportasi laut, yang juga Ketua Dewan Pembina DPP Gabungan Pengusaha Nasional Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (Gapasdap) dan Ketua Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Jawa Timur (Jatim) Bambang Haryo Soekartono (BHS).

Dia mengatakan uji coba dan audit kapal eksekutif itu guna memastikan armada ASDP benar-benar laik dan memenuhi standar sehingga dapat ditempatkan di dermaga 6 (eksekutif) dengan tarif lebih tinggi dari kapal ekonomi.

“Kami tantang ASDP untuk uji coba atau audit semua kapal eksekutif dengan melibatkan Kemenhub, Badan Klasifikasi Indonesia, Gapasdap, MTI, YLKI, dan unsur-unsur independen lain,” tegas BHS melalui siaran pers yang disampaikan, Senin (1/3/2021).

Dia menilai kapal-kapal ASDP sebenarnya tidak laik melayani dermaga eksekutif karena di bawah standar teknis yang seharusnya. Baik dari sisi ukuran, kecepatan, maupun kenyamanan.

Data menunjukkan, lanjut dia menerangkan, ukuran kapal-kapal di dermaga eksekutif saat ini mayoritas panjang 110 meter, bahkan ada yang cuma 80-an meter. “Untuk menjamin kapasitas angkut, kapal di sana seharusnya panjang 130 meter ke atas atau sesuai ukuran kade dermaga yang disiapkan yakni 150-200 meter,” ujarnya.

Apabila kapalnya besar, jumlah kendaraan yang bisa ditampung lebih maksimal dan ada ruang gerak. Namun, karena kapalnya kecil, sebagian kendaraan terpaksa parkir di tempat terbuka sehingga kepanasan atau kehujanan, dan terkena air laut.

Dari sisi kecepatan, lanjut Bambang Haryo, kapal eksekutif sejatinya mampu melaju di atas 15 knot. Kenyataannya, kapal-kapal yang diklaim eksekutif itu rata-rata jauh di bawah 15 knot sehingga waktu tempuh lintasan sejauh 15 mil itu melebihi standar 1 jam, bahkan ada yang mencapai 2 jam karena kecepatannya kurang dari 10 knot.

Dalam hal kenyamanan, tuturnya kembali, fasilitas kapal eksekutif juga seharusnya lengkap. Misalnya tersedia lift atau eskalator, panggung musik, reclining seat, tempat tidur lesehan, dan fasilitas VIP lainnya.

“Kalau terminalnya dilengkapi eskalator atau lift, kapalnya juga harus ada dong. Di kapal ekonomi saja semua fasilitas itu tersedia, mengapa di kapal eksekutif tidak ada. Kapal-kapal eksekutif harusnya yang terbaik sebab publik membayar tiket lebih mahal,” ungkapnya.

Print Friendly, PDF & Email

Pages: 1 2 3

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top