Ekbis

Bank Indonesia Balikpapan Gelar Pameran Virtual Produk UMKM

hamas Ramadhan
Teks foto: KPw BI Balikpapan gelar pameran produk UMKM yang bisa diakses secara virtual oleh pengunjung (foto:kotaku.co.id/ist)

KOTAKU, BALIKPAPAN-Sukseskan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Berwisata #DiIndonesiaAja (BWI), Bank Indonesia gelar Karya Kreatif Indonesia (KKI) secara virtual mulai 3-31 Maret 2021 di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Kegiatan dibuka Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo secara virtual. Turut hadir dalam virtual tersebut Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Koperasi dan UKM, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno serta Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate.

Dalam rangka mendukung KKI Seri I di Lombok, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Balikpapan juga menyelenggarakan pameran produk UMKM binaan secara virtual yang dihadiri secara langsung oleh Kepala KPw BI Balikpapan Sri Darmadi Sudibyo, Wakil Ketua UMKM Care Center Balikpapan yang juga selaku Kepala Bappedalitbang Kota Balikpapan Agus Budi Prasetyo, Kepala Dinas UMKM dan Perindustrian Kota Balikpapan Adwar Skenda Putra serta Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kota Balikpapan Doortje Marpaung. “UMKM binaan yang turut berpartisipasi dalam pameran ini antara lain Bahalap, Deli Koffie, D’Lonia dan Salakilo,” kata Sri Darmadi Sudibyo melalui siaran pers yang disampaikan, Rabu sore.

Adapun produk yang dipamerkan pelaku UMKM yang berkesempatan mengikuti kegiatan antara lain olahan makanan seperti sambal kepiting, abon ikan, amplang, dan kopi, serta produk kerajinan seperti kain batik khas Balikpapan, aksesoris, dan tas.

Nah, sebagai upaya mendorong pembayaran non tunai, seluruh merchant telah memiliki Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) sehingga pengunjung dapat membayar melalui aplikasi penyedia jasa sistem pembayaran manapun dan di manapun.

“Kami menyambut baik rangkaian kegiatan KKI 2021 termasuk pameran virtual produk UMKM di BI Balikpapan sebagai upaya mendukung masyarakat dan pemerintah dalam mendukung UMKM,” jelas Agus Budi Prasetyo.

Setelah pembukaan KKI Seri I, KPw BI Balikpapan juga menggelar webinar UMKM Digital Academy (UDA) Vol 3.2 dengan tema Perencanaan Keuangan UMKM dengan narasumber Prita Ghozie, Principal Consulant & CEO ZAP Finance. Acara tersebut dibuka Sri Darmadi Sudibyo secara langsung dan diikuti 160 pelaku UMKM.

“UDA Vol.3.2 bertujuan untuk mendorong UMKM agar mampu membuat perencanaan keuangan terutama menyusun cashflow, serta merencanakan pengeluaran dan sumber pendanaan ke depan untuk menghindari risiko kerugian,” sambungnya. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top