Corak

Pertamina RU V Balikpapan Jadikan Bulan K3 Momen Perbarui Komitmen

Teks foto: penutupan peringatan Bulan K3 oleh Pertamina RU V (foto:kotaku.co.id/ist)

KOTAKU, BALIKPAPAN-PT Pertamina (Persero) Refinery Unit (RU) V Balikpapan menutup peringatan bulan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) tahun 2021 dengan melakukan upacara sederhana dan terbatas, Rabu, (3/3/2021). Dipimpin General Manager (GM) Eko Sunarno.

Dalam sambutannya, Eko menyampaikan bahwa
“Bulan K3 adalah momen buat seluruh pekerja dan mitra kerja Pertamina untuk memperbaharui komitmen terkait HSSE (Health, Safety, Security & Environment, Red) melalui berbagai rangkaian kegiatan. Tujuannya untuk mengingatkan kembali pentingnya nilai-nilai HSSE. Apakah menurun? Atau sama saja? Tentu harapannya komitmen itu semakin meningkat,” katanya melalui siaran pers yang disampaikan, Rabu sore.

Eko menjelaskan penerapan HSSE memberikan dampak positif kepada perusahaan. Pertamina RU V Balikpapan memiliki beberapa target untuk mewujudkan HSSE Excellent. Di antaranya zero fatality, fit to work, audit Supreme dan Proper Hijau.

“Setiap orang harus bekerja dalam kondisi sehat dan harus senantiasa menjalankan protokol kesehatan secara tegas dan konsisten. Semoga bulan K3 kali ini bisa memacu semangat dalam mencapai target-target tahun 2021. Setiap orang harus berkontribusi membangun perusahaan yang dicintai bersama,” tegasnya.

HSSE, menurutnya tidak hanya terkait dengan prosedur namun juga bisa dikembangkan dengan estetika. “Jika kilang dalam keadaan bersih, rapi, tertata baik maka orang akan melihat HSSE RU V juga dalam keadaan baik,” imbuhnya.

Eko juga menyampaikan bahwa dampak pandemi Covid-19 dirasakan oleh semua pihak. Oleh karena itu dia mengajak agar pekerja mulai level terdepan hingga manajemen agar patuh protokol kesehatan untuk menjaga keberlangsungan operasi perusahaan. “Harus bekerja dengan penuh kebahagiaan dan keiklasan sehingga hasilnya sesuai dengan yang diharapkan,” ajaknya.

Dia akhir sambutannya, Eko kembali menyampaikan bahwa HSSE Excellent perlu dibangun dan budaya sebagai pondasinya. “Sehingga semakin meningkat dari tahun ke tahun,” tutupnya.

Sementara itu, Area Manager Communication, Relation & CSR Pertamina RU V Balikpapan Ely Chandra Peranginangin menyampaikan bahwa dalam rangkaian kegiatan Bulan K3 tahun ini, Pertamina RU V Balikpapan juga menyelenggarakan berbagai kegiatan CSR di antaranya pembagian masker bersama wartawan dan komunitas, bantuan perlengkapan pencegahan Covid-19 kepada 12 kelurahan atau desa di wilayah operasional perusahaan, serta berbagai perlombaan. “Kegiatan ini dilaksanakan untuk mengingatkan kembali bahwa pandemi belum berakhir dan harus tetap mengikuti protokol kesehatan yang telah ditetapkan,” ujarnya.

Selain kegiatan tersebut, dia juga menyampaikan bahwa pekerja Pertamina RU V turut berpartisipasi dalam lomba yang dilaksanakan oleh Kementerian Tenaga Kerja. “Video pekerja muda Pertamina RU V berhasil meraih terbaik pertama penghargaan dalam pembuatan video pekerja sehat,” pungkasnya. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top