Parlementaria

DPRD Dukung Generasi Muda Balikpapan Go Public

hamas Ramadhan
Teks foto: unsur pimpinan DPRD Balikpapan bersama Calon Duta Wisata Kota Balikpapan dari Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Balikpapan, Senin (8/3/2021) (foto:kotaku.co.id/niken)

KOTAKU, BALIKPAPAN-Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) menerima kunjungan dari calon Duta Wisata Kota Balikpapan dari Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Balikpapan, Senin (8/3/2021). Rombongan diterima oleh unsur pimpinan yakni Wakil Ketua DPRD masing-masing Sabarudin Panrecalle, Budiono dan Subari.

“Duta wisata adalah duta yang mempromosikan tentang kebudayaan dan karakteristik yang ada di Kota Balikpapan 2020,” ucap Wakil Ketua DPRD Balikpapan Sabarudin Panrecalle usai menerima kunjungan.

Lanjut dia menjelaskan, duta wisata inilah sebagai pendamping atau yang akan mempromosikan tentang Kota Balikpapan, baik dari segi pemerintahan maupun dari sisi pariwisata.

“Dari 20 orang ini yang masuk sebagai finalis yang akan mempromosikan nanti tentang Kota Balikpapan. Bukan saja tentang kebudayaan tetapi tentang pemerintahan pula, mereka ini punya misi dan tugas untuk mempromosikan kebudayaan,”ungkapnya.

Wakil Koordinator Komisi III ini mengatakan perlunya dukungan kepada generasi muda tersebut, karena dalam usia yang masih terlalu muda sudah mempunyai motivasi untuk mengembangkan kebudayaan yang ada di Kota Balikpapan.

“Saya pikir ini saatnya generasi muda akan tampil, generasi muda yang akan go public bukan hanya di Kota Balikpapan saja tapi juga Kaltim sebagai calon Ibu Kota Negara seharusnya anak muda sekarang yang go internasional. Saya pikir orang-orang yang terbaik buat mereka untuk mempromosikan kebudayaan,” serunya.

Sementara ini Calon Duta Wisata sebanyak 20 orang ini akan melakukan seleksi selanjutnya untuk menjadi Duta Wisata Kota Balikpapan.

Dalam kesempatan yang sama Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kota Balikpapan Doortje Sorta Susani Marpaung menuturkan jika tujuan kedatangan ke kantor DPRD ini untuk audensi atau silahturahmi. Selain itu juga, mungkin ada hal-hal yang ingin disampaikan oleh wakil Ketua DPRD Balikpapan.

Lanjut Doortje menjelaskan Duta Wisata merupakan program tahunan yang dilakukan untuk memotivasi dan menyemangati anak muda yang berpotensi. “Kami meminta ke depan menjadi anak-anak yang (penuh) inovasi, kreatif karena itu yang dibutuhkan suatu daerah untuk bisa maju,” serunya.

Doortje menambahkan selain menjadi Duta Wisata tetapi juga menjadi duta ekonomi kreatif, bahkan sekarang menjadi duta Covid. Meskipun secara resmi sebagai Duta Wisata Manuntung.

“Duta wisata ini membantu pemerintah atau perpanjangan tangan pemerintah melalui Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata untuk membantu mempromosikan pariwisata, ekonomi kreatif Kota Balikpapan dan mempromosikan hal-hal yang mereka tahu tentang Balikpapan kepada orang luar (Balikpapan, Red). Itu tanggung jawab mereka,” tukasnya.(*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top