Corak

Simak Tips agar Helm Tidak Berbau dan Berjamur

hamas Ramadhan

KOTAKU, BALIKPAPAN-Melihat kondisi Kota Balikpapan yang sering diguyur hujan, beberapa bikers yang menggunakan sepeda motor sering kali mengeluh keadaan helmnya. Astra Motor Kaltim 1 memberikan beberapa tips untuk helm sepeda motor kamu agar tetap bersih dan terawat dengan baik. “Berikut tips untuk menjaga kebersihan helm para bikers, jadi walaupun motor bikers sudah keren, akan lebih baik jika helm tidak bau dan terawatt,” kata Safety Riding Officer Astra Motor Kaltim 1 Daniel Natanael Toghas melalui siaran pers yang disampaikan, Senin (8/3/2021).

Cuci langsung setelah basah karena hujan
Yang pertama adalah, cucilah helm ketika terkena hujan. Ini yang paling jarang diketahui para bikers. Padahal helm yang kehujanan bisa menimbulkan jamur, hal ini dikarenakan kondisi keasaman air hujan mudah membuat jamur tumbuh di visor maupun permukaan helm. Jika tidak sempat ke pencucian helm, para bikers bisa langsung membilas helm dengan air dan sabun cair setelah itu bilas lagi dengan air bersih, lalu keringkan menggunakan kanebo.

Jangan pakai helm saat rambuh basah
Selanjutnya jangan pernah menggunakan helm dalam keadaan rambut basah, karena akan menimbulkan jamur dan helm menjadi bau. Namun, jika tetap ingin menggunakan helm dalam keadaan rambut yang bisah, bikers bisa anggarkan uang untuk membeli balaclava agar helm tidak kena air dari rambut kamu.

Pantang meletakkan helm di atas tangki bensin atau spion
Biasanya para bikers suka meletakan helm di atas tangki bensin dan di spion pada saat singgah atau parkir, padahal efek dari negatif karena sering melakukan hal tersebut adalah uap dari bahan bakar akan merusak kualitas helm kamu, sementara jika diletakan di spion sangat rawan helm akan terjatuh. Tempat helm yang paling benar adalah di jok belakang dan diikatkan menggunakan pengait tali helm. Setelah helm digunakan, letakkan helm dengan posisi terbalik.
Sehabis menggunakan helm, tak jarang kondisi kepala bikers berkeringat dan basah. Nah, untuk menghindari helm menjadi bau dan berjamur, bikers bisa meletakkan helm dengan posisi terbalik saat disimpan dan jangan lupa, lebih baik kamu letakkan di atas lantai saja agar tidak jatuh. Selain itu, jangan lupa harus rajin-rajin mencuci helm minimal dua pekan sekali. Hal ini tentunya bertujuan untuk menghilangkan kotoran-kotoran yang ada di busa helm kamu. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top