Corak

Pandemi Covid-19, Peringati Isra Miraj di Balikpapan Sederhana dan Terbatas

Teks foto: Ustadz H Solehuddin Siregar

KOTAKU, BALIKPAPAN-Kamis 11 Maret 2021 seluruh umat Islam memperingati Isra Miraj 1442 Hijriah. Tentunya, peringatan saat ini bertepatan dengan pandemi Covid 19, sehingga pelaksanaan dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan.

“Sebagian masjid, majelis pengajian, yasinan dan shalawatan melaksanakan peringatan Isra Miraj dengan sederhana dan terbatas karena Covid,” ucap Ketua DMI Balikpapan Letkol Ustadz H Solehuddin Siregar melalui pesan WhatsApp, Kamis (11/3/2021).

Ustadz H Solehuddin menjelaskan Masjid Agung At-Taqwa akan memperingati Isra Miraj dengan sederhana dan tentunya tetap menerapkan protokol kesehatan, yang rencana akan digelar Sabtu (13/3/2021) malam. Dengan penceramah Imam Besar Masjid Agung Attaqwa sekaligus Ketua MUI Kota Balikpapan KH Zailani Mawardi.

Peringatan Isra Miraj merupakan dua bagian perjalanan yang dilakukan Nabi Muhammad SAW dalam waktu satu malam saja, ini salah satu peristiwa penting bagi umat Islam karena pada peristiwa inilah Nabi Muhammad SAW mendapat perintah untuk menunaikan salat lima waktu.

Sekarang ini, Solehuddin berharap dengan peringatan Isra Miraj ini dapat meningkatkan kualitas iman dan taqwa melalui peningkatan mutu salat wajib berjamaah maupun salat sunnah.

“Kami tentram, nyaman dan bisa tanha ‘anil fahsya’i wal munkar (sesungguhnya salat itu mencegah dari perbuatan keji dan mungkar, Red) dan salat jadi perisai benteng dari bala, bencana dan wabah penyakit khususnya Covid 19,” serunya.

Adapun penerapan protokol kesehatan di Masjid Agung At-Taqwa dilakukan mulai memasuki masjid hingga penataan di dalam masjid. Selain itu juga untuk menghindari penularan Covid 19, pengurus masjid selalu melakukan penyemprotan disinfektan setiap satu minggu sekali.(*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top