Metro

Tim Satgas Covid 19 Kaltim Akui PPKM Mikro Balikpapan Bagus, Masyarakat Penuh Kesadaran

Teks foto:Kepala Satpol PP Kaltim Gede Yusa usai melakukan monitoring di Perumahan Regency RT 41 Kelurahan Sepinggan Baru, Jum’at (12/3/2021).(foto:kotaku.co.id/niken)

KOTAKU, BALIKPAPAN-Kunjungan Tim Satgas Covid 19 Provinsi Kaltim di Kota Balikpapan, untuk melakukan monitoring pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro yang diterapkan, Jumat (12/3/2021).

“Alhamdulillah di Balikpapan baik pelaksanaannya, sinergitas antara instansi terkait, TNI-Polri dan Pemkot ini sangat mantap sekali. Hal ini sangat kami rasakan dampaknya untuk skala Kaltim, dengan adanya PPKM skala mikro ini bisa menurun angkanya (kasus Covid 19,Red) tapi masih fluktuatif,” kata Kepala Satpol PP Kaltim Gede Yusa usai melakukan monitoring vaksinasi kedua pedagang Pasar Klandasan.

Monitoring berawal di Balikpapan Permai Kecamatan Balikpapan Kota dengan melakukan razia, yang sebelumnya dilaksanakan apel bersama. Selanjutnya, Tim Satgas Kaltim meninjau vaksinasi dosisi kedua bagi pedagang Pasar Klandasan dan Kelurahan Klandasan. Kemudian meninjau posko Satgas Covid-19 di Kelurahan Damai Baru dan Perumahan Regency RT 41 Kelurahan Sepinggan Baru.

Selain menerapkan PPKM skala mikro, Kota Balikpapan juga memberlakukan kegiatan yustisi yang dilakukan bersama instansi terkait. Yustisi yang berlaku di Kota Balikpapan sesuai Perwali No 23 tahun 2020 yang memiliki sanksi seperti sanksi sosial ataupun denda, sehingga dapat mendorong lebih efektif lagi untuk dapat menurunkan angka terkonfirmasi positif Covid-19.

“Kegiatan yustisi ini dapat membantu meminimalisir tingkat terkonfirmasi positif,” harapnya.

Hingga saat ini angka terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Balikpapan masih fluktuatif, namun di tingkat RT cukup bagus. Terbukti, dengan adanya pergeseran dari zona oranye ke kuning dan bahkan ada beberapa wilayah RT zona hijau. “Ini bukti efektivitas kerja sama dengan tingkat bawah (RT, Red),” tuturnya.

Sinergitas pada PPKM skala mikro di Kota Balikpapan bagus, ditandai dengan kesiapan masyarakat dengan membentuk posko satgas di setiap RT. “Inilah bentuk nyata PPKM berbasis mikro. Kalau di seluruh Indonesia bisa seperti ini saya jamin pasti cepat menurun karena penuh kesadaran,” tegasnya.

Tim Satgas Covid-19 Kaltim telah melakukan monitoring di PPU, Bontang, Kutai Kartanegara, Kutim sebelum melakukan monitoring di Kota Balikpapan dan besok akan melanjutkan monitoring di Berau dan Mahakam Hulu. “Semua akan kami lihat,” ungkapnya.(*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top