Ekbis

Beli “Motor Sultan” Yamaha MT-07, Satu-Satunya di Kaltim dan Kaltara

KOTAKU, BALIKPAPAN-Diimpor utuh alias Completely Built Up (CBU) dari Jepang, Yamaha MT-09 dan MT-07 resmi mengaspal di Indonesia. Jumlahnya pun terbatas. Hanya 100 unit. Itu karena harganya selangit. Yakni ratusan juta. Tak heran bila dijuluki motor sultan. Nah, satu unit di antaranya mendarat di Balikpapan. Pemiliknya adalah Surya Suwardana, warga Sungai Ampal yang tercatat sebagai mahasiswa universitas swasta di Surabaya.

Motor sultan itu ia beli Desember 2020 lalu melalui tahap inden alias memesan dan membayar tanda jadi. Seharga Rp252 juta on the road (OTR) Balikpapan. Selasa (16/4/2021), motor yang diidamkannya tiba di Sentral Yamaha area Kaltim dan Kaltara di Jalan Jendral Sudirman. Diserahkan secara langsung oleh Branch Manager (BM) Sales & Marketing Yamaha area Kaltim E Aryanto dan Koordinator PT Yamaha Indonesia Motor Mfg (YIMM) area Kalimantan Tintan Gunawan.

“Sebelumnya punya (motor) 250cc, terus mau main motor besar, disarankan beli moge (motor gede, Red) seken tapi takut rewel. Cari tahu di media sosial ketemu (informasi tentang) Yamaha MT-07, akhirnya pesan,” ulasnya.

Dia menjelaskan, ada beberapa hal yang membuatnya jatuh cinta dengan motor tersebut. Namun yang paling menonjol yakni rasa penasaran yang begitu besar terhadap Yamaha MT-07. “Makanya kemarin enggak sabaran, selalu selalu tanya-tanya ke sini, kapan ya kira-kira motornya datang,” kelakarnya.

Rencananya, ia akan membawa motor sultannya ke kota tempatnya menimba ilmu. Namun kegiatan kuliah tatap muka terhalang pandemi Covid-19 membuatnya lebih banyak menghabiskan waktu di Balikpapan, sehingga Yamaha MT-07 pun akan ia tunggangi di dalam kota. “Dipakai keliling-keliling,” ucapnya seraya melempar senyum.

Surya termasuk konsumen beruntung karena waktu tunggu untuk memiliki Yamaha MT-07 kurang dari tiga bulan sejak dipesan. Pasalnya, proses impor motor CBU menelan waktu cukup lama. 1-2 tahun.

“Terutama proses perizinan yang membutuhkan waktu cukup lama. Hingga akhirnya motor ini tiba di Indonesia. 100 unit Yamaha MT-09 900cc dan 100 unit lagi MT-07 ini,” kata Tintan Gunawan ditemui dalam kesempatan yang sama.

Yamaha MT-09 dan MT-07 merupakan naked sport terbaru yang diperkenalkan YIMM tahun 2020 lalu secara virtual. Sejak saat itu, gelombang pemesanan mengalir. Mesin yang dibangun dengan teknologi ‘Crossplane Crankshaft Concept’ sehingga menghasilkan tenaga dan performa maksimal menjadi salah satu keunggulannya. Bahkan Yamaha MT-09 jauh lebih canggih lagi, karena sudah dilengkapi fitur dan teknologi D-Mode, Assist & Slipper Clutch, Quick Shift System (QSS), Traction Control System (TCS) dan Yamaha Chip Controlled Throttle (YCCT). (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top