Metro

Peran PKK Dibalik Suksenya RT 45 Klandasan Ulu Lawan Covid-19

hamas Ramadhan

KOTAKU, BALIKPAPAN-Efektivitas PPKM mikro memacu semangat tim satgas Kelurahan untuk terus menggeber peninjauan posko dan satgas covid-19 tingkat RT, yang tentunya hal itu bertujuan untuk terus menekan RO penularan virus covid-19 yang ada di kawasannya.

Seperti yang dilakukan tim satgas Kelurahan Klandasan Ulu, dipimpin langsung Lurah Klandasan Ulu Siswanto bersama jajarannya kembali melakukan pantauan Posko Satgas Covid-19 di kawasannya. Kali ini posko covid-19 RT 45 yang terletak di Jalan Milono, Gang Swadaya menjadi sasarannya.

Kedatangan satgas covid-19 Kelurahan disambut baik oleh Ketua RT 45 Muhammad Thamrin. Ia menjelaskan di mana daerahnya tetap berada di zona hijau sampai saat ini.

“Tiga bulan yang lalu ada tiga warga yang terpapar dan melakukan isolasi mandiri, semenjak itu kami selalu berbenah diri, juga aktif dalam penyemprotan disinfektan agar tidak akan terulang kembali,” bebernya saat ditemui Kotaku.co.id.

Meskipun sudah berada di zona hijau, tak membuat Thamrin jumawa, ia tetap mengaktifkan posko satgas dilingkunganya, selain itu sikap kooperatif warga serta adanya peran PKK di lingkungannya menggambarkan kekompakan warga di RT 45.

“Ya di samping aktifnya posko kami, peran PKK kami juga sangat membantu, dulu warga kami yang terpapar kebutuhannya disediakan oleh PKK kami,” ucapnya.

Tak hanya itu, PKK setempat juga menarik kepedulian iuran dari warga, yang nantinya dijadikan kas agar bisa digunakan saat ada keperluan mendadak dan lain-lain.

Saat ini, kawasan RT tersebut juga memiliki penjagaan yang ketat di wilayahnya selama pandemi. “Kalau warga dari luar yang mau masuk kami interogasi dahulu, dan juga untuk pendatang wajib membawa hasil tes yang berlaku,” bebernya.

Menurut pantauan media ini, diposko tersebut disediakan buku tamu jika ada warga luar yang masuk, selain itu juga tersedia wastafel di posko itu.

Di sisi lain Siswanto menerangkan, selama pantauan yang dilakukannya serta perpanjangan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) mikro yang berlanjut, dapat membantu menjadi tren positif di wilayahnya. Capain 71,43 persen zona hijau di wilayahnya membuatnya juga tidak ingin membuat warga menjadi lengah.

“Genjot terus kedisiplinan, tetap fokus, jangan lengah dan jangan merasa puas dengan capain ini, karena pantauan kami terus berlanjut, biar cepat memutusnya rantai penyebaran corona ini, “tutupnya. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top