Metro

Longsor Sejak Tahun 2019, LPM Graha Indah Desak Pemerintah Segera Perbaikan

Teks foto: Jalan longsor di RT 07 Kelurahan Graha Indah yang hampir putus (foto:kotaku.co.id/niken)

KOTAKU, BALIKPAPAN-Di Kelurahan Graha Indah tepatnya RT 07 terdapat jalan longsor bahkan jalan hampir putus karena tergerus air yang berakibat pondasi salah satu rumah warga rusak. Padahal jalan longsor ini sudah dilaporkan sejak tahun 2019.

Ketua LPM Graha Indah Syarifuddin Oddang meninjau lokasi jalan longsor di RT 07 Kelurahan Graha Indah Balikpapan Utara didampingi perwakilan Dinas Pekerjaan Umum (PU), Lurah Graha Indah dan Ketua RT 7 mengatakan bahwa persoalan ini merupakan persoalan lama. “Sesungguhnya ini persoalan lama sejak tahun 2019-2021,” ucapnya saat ditemui tim kotaku.co.id, Sabtu (20/3/2021).

Lanjut Oddang sapaan karibnya menuturkan bahwa jalan yang ditinjau ini merupakan jalan poros dari pintu gerbang Graha Indah II ke Graha Indah I, dan begitu juga sebaliknya. Bahkan, jalan ini sebagai jalan pengalihan jika ada kemacetan atau banjir. “Saya sampaikan pemerintah kota yang mana skala prioritas,” lantangnya.

Oddang berharap tidak lagi berbicara masalah anggaran, karena ini sudah longsor bahkan satu rumah warga terdampak. “Makanya saya tadi telpon (Dinas Pekerjaan Umum,Red) kami tinjau bersama melihat fisiknya, kondisi sesungguhnya karena warga hampir setiap hari telpon kami dan itu juga tidak terlalu banyak anggaran.

Kami sudah berulang kali sampaikan dari kelurahan, kecamatan, dan DPU. Alasannya iya, iya dan sebagainya. Hari ini, saya mewakili masyarakat Graha Indah khususnya RT 07, mudah-mudah dari pihak pemerintah melalui Dinas PU sesegera mengerjakan, karena tidak bisa dilewati,” tegas anggota Komisi III DPRD Balikpapan ini.

Dia menuturkan bahwa jalan longsor itu sudah dilaporkan sejak 2019 dalam kondisi tidak begitu parah. Namun, laporan tidak ditanggapi atau terkesan dibiarkan, akibatnya jalan semakin rusak parah. “Sudah berapa kali ditinjau, jangan hanya ditinjau kalau tinjau kami tiap hari lewat situ (jalan longsor,Red). Kami tunggu realisasinya,” paparnya.

Ditambahkan Oddang, jika berbicara skala prioritas jalan longsor ini masuk dalam skala prioritas karena jalan hampir putus, bahkan sampai terdampak kepada rumah warga. “Saya mewakili warga,” tutupnya.(*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top