Corak

Relawan Garuda Balikpapan Siap Melebarkan Sayap

KOTAKU, BALIKPAPAN-Ikhlas adalah salah satu kunci kesuksesan Relawan Garuda Balikpapan agar selalu mampu mengudara. Ketua Relawan Garuda Taufiq mengatakan bahwa saat pandemi seperti sekarang pihaknya hampir setiap hari melakukan penyemprotan disinfektan untuk berbagai kawasan di Kota Balikpapan.

“Saya bisa melakukan ini ketika saya lagi tidak bekerja, seperti contohnya hari ini saya bisa bergabung setelah pulang kerja langsung ke sini untuk giat kemanusiaan,” jelasnya saat ditemui Kotaku.co.id, Jumat (19/3/2021).

Dia meminta agar rekan Relawan Garuda untuk selalu mengutamakan pekerjaanya, dan dipersilahkan bergabung ketika sudah menyelesaikan pekerjaanya, dan jika sedang dalam kondisi tidak prima dipersilahkan untuk beristirahat.

Relawan Garuda terbentuk sudah hampir dua tahun, Taufiq menceritakan awal mulanya hanya sering berkumpul di Damkar Kota. “Nah dari situlah terbentuknya ini,” imbuhnya.

Dijelaskanya pada awalnya nama Relawan Garuda memiliki dua R pada tulisan garuda, dikarenakan dulunya merupakan gabungan relawan Beruang Madu. Namun saat ini berubah menggunakan satu huruf R.

“Selain itu logonya juga sudah ada jadi gambar burung rajawali, supaya bisa terbangnya kemana-manalah tapi ya kami fokuskan di Balikpapan dulu sebenarnya sudah pernah sampai keluar sih contohnya kaya banjir di Samarinda dan Kalsel kemarin kami ikut ke sana memberikan bantuan,” paparnya.

Sementara untuk semua kegiatan murni merupakan dana pribadi dan dalam kegiatanya pun tanpa dipungut biaya. “Kan orang Balikpapan rata-rata sudah mengenal kami jadi kami kadang ditelpon untuk diminta bantuan,” tambahnya.

Untuk saat ini base campnya Relawan Garuda berada di posko BPBD Balikpapan Kota, menurutnya di sana ada sebuah ruangan kosong yang dapat digunakan untuk base camp Relawan Garuda.

“Tapi nanti kami siapkan base camp sendiri, tidak hanya untuk Relawan Garuda tapi bisa untuk semua orang jadi di sana bisa juga untuk mempererat silahturahmi,” pungkasnya. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top