Metro

Efek Pandemi Covid-19, Pemancingan Rama Graha Indah Tak Seramai Dulu

Teks foto: Kolam pemancingan Rama Graha Indah Balikpapan saat akhir pekan (foto:kotaku.co.id/soleh)

KOTAKU, BALIKPAPAN-Jembatan kayu dengan berbagai kombinasi warna untuk menyeberangi sungai kecil menjadi akses jalan menuju hamparan kolam di pemancingan Rama Graha Indah Balikpapan.
Nuansa asri nan bersih menjadikan pemancing tak jenuh menunggu umpan disambar ikan.

Berdiri sejak 6 tahun yang lalu, pemancingan yang memiliki lahan setengah hektare ini memiliki berbagai jenis ikan. Ashari selaku pengelola kolam menjelaskan, ikan-ikan yang tersedia di pemancingan Rama Graha Indah mulai dari patin, emas, nila, dan ikan lele, dan setiap ikan memiliki harga yang berbeda-beda per kilogramnya.

“Untuk ikan patin sama ikan lele Rp35 ribu sedangkan ikan emas sama nila Rp50 ribu, nanti ikan itu ditimbang, jadi pas masuk itu gratis kalau dapat ikan baru ditimbang terus bayar hitunganya per Kg,” paparnya saat ditemui Kotaku.co.id, Minggu (21/3/2021).

Sementara untuk ikan-ikanya dibeli dari Tenggarong. “Sudah pernah ternak, tapi pemancing pengennya mancing sekarang, kalau ternak ya enam bulanan,” timpalnya.

Meskipun tak membawa alat pancing maupun umpan, pemancing tak perlu khawatir. Pasalnya di sana juga disediakan alat pancing untuk disewakan serta juga terserdia umpan. Untuk alat pancing disewakan dengan kisaran harga Rp 8ribu hingga Rp30 ribu, sedangkan untuk umpanya dijual seharga Rp10 ribu.

Selain itu, Pemancingan Rama Graha Indah juga menyediakan berbagai macam fasilitas seperti gazebo, mushola, warung, toilet, serta selama masa pandemi ini tersedia wastafel untuk pengunjung cuci tangan ketika hendak memasuki pemancingan tersebut.

Selama 6 tahun berdiri, pemancingan Rama Graha Indah sempat memasuki masa-masa sulit. Ashari menceritakan selama masa pandemi Covid-19 seperti saat ini jumlah pengunjungnya berkurang tak seperti sebelumnya.

“Apalagi pas ada edaran disuruh tutup, ya kami tutup selama tiga bulan, sekarang sudah kembali buka tapi ya seperti ini lah kondisinya, dulu sempat sepi tapi sekarang sudah mulai ramai meskipun masih gak seramai dulu, ya semoga aja ke depanya bisa kembali ramai lagi,” harapnya.

Pemancingan Rama buka setiap hari dari pukul 07.00-18.00 Wita. “Tapi kalau Kamis dan Sabtu biasanya ada lomba, jadi kadang sampe jam 12 malam,” tutupnya. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top