Metro

Lansia dan Guru Prioritas Utama Vaksin Periode April 2021

Teks foto: Tim Satgas Covid 19 Balikpapan

KOTAKU, BALIKPAPAN-Tim Satuan Tugas (Satgas) penanganan Covid 19 Kota Balikpapan berupaya menekan angka terkonfirmasi positif Covid 19. Salah satunya melakukan vaksinasi. Yang menjadi sasaran vaksinasi selanjutnya kelompok lanjut usia (lansia) dan guru.

“Ada sekitar 7 ribu (guru) sudah divaksin pertama dan kedua 750 selesai. Ada 2 ribu guru sudah divaksin pertama menunggu vaksin kedua 21 April 2021 nanti karena kami kemarin mengambil (sasaran vaksin) yang usia 50 tahun ke atas,” ucap Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan dr Andi Sri Juliarty di Balai Kota, Rabu (31/3/2021).

Berdasarkan instruksi Menteri Kesehatan RI tertanggal 29 Maret 2021, bahwa vaksin yang akan tiba 15 April 2021 nanti diutamakan untuk dua kelompok. Yakni guru dan lansia. “Guru diprioritaskan lagi yang PAUD dan TK. Memang selalu ada perubahan arahan dari pusat, kemarin diarahkan guru usia 50 tahun ke atas,” ungkapnya.

Sementara ini, sekitar 4.250 tenaga pendidik di Kota Balikpapan yang belum melakukan vaksinasi akan menunggu vaksin selanjutnya. Prioritas vaksinasi guru dimulai dari tingkat pendidikan terkecil, guna mengejar target pembelajaran tatap muka Juli 2021.

Sama halnya dengan vaksinasi lansia menjadi prioritas sebagai kelompok rentan menjadi lebih penting menjelang periode libur Idul Fitri, di mana pergerakkan penduduk akan semakin meningkat. 5.658 lansia sudah divaksin

Perlunya diingat, penerapan protokol kesehatan dengan menerapkan 5M (mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan, mengurangi mobilitas keluar rumah) tetap dijaga. Jangan karena merasa sudah divaksin lengkap, kemudian merasa bisa bebas. Itu, karena vaksinasi hanya memberi perlindungan 65 persen, tidak melindungi 100 persen.(*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top